Madasari, Pantai Tersembunyi Nan Eksotis di Pangandaran

Pantai Madasari di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Jawa Barat
Sumber :
  • VIVA/Adinda Permatasari

VIVA – Bila berkunjung ke Pangandaran, Jawa Barat cobalah mengeksplorasi beberapa daerah di sekitarnya. Karena, masih banyak keindahan tersembunyi di Pangandaran yang sayang bila terlewat.

Heboh Kota Ini Terancam Bangkrut Karena Destinasi Wisata Bugil

Contohnya Pantai Madasari yang berada di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak. Jaraknya memang sedikit lebih jauh dari Pangandaran, tapi keindahannya cukup membayar lelah perjalanan Anda. Akses jalan menuju pantai ini pun sangat mulus, tapi sayang belum banyak moda transportasi yang memudahkan wisatawan menjangkau pantai ini.

Cara paling mudah menuju Pantai Madasari adalah dengan menyewa kendaraan bermotor, seperti mobil jika Anda berkelompok lebih dari lima orang atau sepeda motor. Dari terminal Pangandaran ada pula angkutan umum menuju Cimerak, tapi jarak kedatangan yang cukup lama akan membuat waktu Anda terbuang percuma.

Angkat Sport Tourism, Belitung Triathlon Challenge 2022 Sukses Digelar

Salah seorang penduduk lokal, Aim, kepada VIVA memberikan saran wisatawan, yang mengirit bujet transportasi, bisa menumpang mobil pick up yang biasa mondar-mandir membawa hasil bumi di sana.

Pantai Madasari di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Jawa Barat

Pantai Goa Cina, Tempat Penyegar Pikiran di Malang

Begitu sampai di pantai ini, dijamin tidak akan mengecewakan. Semua masih terlihat asri dan bersih, layaknya pantai yang belum terjamah. 

Air lautnya biru cerah dengan karang-karang yang menjulang di beberapa sudutnya. Anda juga bisa mendaki salah satu bukit untuk melihat pemandangan pantai dari ketinggian.

Pantai Madasari di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Jawa Barat

Menyusuri bibir pantai di sepanjang Madasari juga bebas Anda lakukan, karena pengunjung yang relatif sepi. Anda bebas mengeksplorasi setiap sudutnya dan mengambil foto tanpa terhalang keberadaan banyak orang.

Lelah menyusuri pantai, tak perlu khawatir mencari tempat beristirahat yang nyaman. Tak jauh dari pinggir pantai, terdapat beberapa kedai minuman yang menawarkan minuman, makanan ringan, dan sajian khas pantai dengan harga terjangkau. Beberapa warung juga menyediakan balai, di mana Anda bisa bersantai sambil menikmati suara deburan ombak.

Pantai Madasari di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Jawa Barat

Puas menikmati keindahan Pantai Madasari, jangan lupa mampir sejenak di menara suar saat perjalanan pulang. Letaknya hanya beberapa meter dari pantai. Menara ini memang bukan ditujukan sebagai lokasi wisata, tapi tak ada salahnya menengok sambil memandang garis Pantai Madasari yang elok.

Anda bisa meminta izin kepada penjaga untuk masuk ke Menara Suar Legok Jawa dengan tinggi sekitar 40 meter. Tapi, berhati-hatilah saat menaiki tangganya, yang memang sudah tua dan berkarat. Dari ujung menara suar, Anda bisa melihat keindahan Pantai Madasari yang dibingkai hijaunya pepohonan kelapa.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya