Ingin Berlibur, Destinasi Wisata Ini Layak Dicoba

Menikmati Keindahan Pantai Lengkuas di Pulau Belitung
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jujuk Ernawati

VIVA – Akhir pekan dan libur Isra Mi'raj telah di depan mata. Pada momen seperti ini sering dimanfaatkan untuk berlibur. Menenangkan diri atau kembali merilekskan badan dan pikiran akibat pekerjaan yang menumpuk.

Jual Jasa PSK Tarif Rp2,5 Juta, Mucikari Cantik Pangkal Pinang Ini Ditangkap dengan Barbuk

Beberapa orang mungkin telah merencanakan liburan ke sejumlah destinasi wisata. Namun, dari sekian banyak destinasi di Indonesia, sebagian masih suka bingung untuk memilih destinasi mana yang ingin dikunjungi.

Maklum saja, negeri ini memiliki banyak destinasi wisata yang beraneka ragam dan sangat indah. Berikut ini, beberapa destinasi yang bisa menjadi pilihan Anda, seperti dilansir dari laman The Culture Trip.

Ketua IPHI Ajak UAS Doakan dan Bantu Palestina

1. Pulau Lengkuas, Bangka Belitung

Sebagai daya tarik wisata baru, Pulau Lengkuas ini masih memiliki pantai-pantai perawan dengan pasir putih halus dan batu granit yang megah. Pantai ini juga menjadi rumah bagi mercusuar yang menjulang tinggi yang dibangun pada era kolonial Belanda. Anda bisa menaiki menara ini untuk dapat menikmati pemandangan 360 derajat dari seluruh pulau dan samudera biru di sekitarnya.

Jelang Lebaran, Satgas Pangan Polri Waspadai Kelonjakan Harga Bahan Pokok di Babel

Menikmati Keindahan Pantai Lengkuas di Pulau Belitung

2. Kawah Ijen, Banyuwangi

Ijen adalah gunung berapi aktif (meskipun tenang) di Jawa Timur, dan Kawah Ijen adalah danau belerang berwarna biru kehijauan di dekat puncak. Kemurnian mineral dan dinding gunung berapi sekitarnya memberikan pemandangan yang surealis, terutama pada malam hari, ketika gas sulfur muncul atau dikenal dengan api biru yang menerangi langit.

Panorama kawah Ijen di Banyuwangi

3. Labuan Cermin, Kalimantan Timur

Danau yang terletak di Kalimantan Timur ini memiliki air jernih seperti kaca yang begitu jelas, sehingga Anda dapat melihat bayangan kapal di dasar danau. Wisatawan juga dapat berenang dengan ratusan ikan tropis dan snorkeling untuk menikmati keindahan karang air tawar.

Danau Labuan Cermin (foto: pergiyuk.com)

4. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia dan bisa dibilang salah satu yang terindah, bahkan memiliki sebuah pulau di dalamnya. Menjadi danau vulkanik, Toba dikelilingi oleh pegunungan yang indah dan tanaman hijau yang subur, menambah keindahan pada air biru yang cemerlang.

Danau Toba

5. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat

Gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia ini menyimpan keindahannya bagi wisatawan yang paling suka berpetualang. Di puncaknya, Gunung Rinjani memiliki kawah yang menakjubkan berwarna biru seperti laut. Kaldera dibentuk oleh letusan, dan dianggap sakral oleh penduduk setempat, begitu banyak ritual keagamaan dilakukan di sana.

Gunung Rinjani, Lombok.

6. Tana Toraja, Sulawesi

Rumah bagi suku asli Toraja yang hidup dalam cara tradisional, Tana Toraja di Sulawesi Selatan menawarkan sekilas ke tradisi dan praktik kuno suku di dini, termasuk tradisi terkenalnya berupa mayat berjalan. Di sini ada latar belakang gunung yang megah dan rumah-rumah tradisional khas suku yang mengesankan.

Upacara Kematian Rambu Solo  di Tana Toraja

7. Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan

Taman nasional di Kalimantan Tengah (Kalimantan) ini termasuk lahan kering, hutan, rawa, bakau, dan hutan pantai, dan merupakan rumah bagi berbagai satwa liar, termasuk orangutan yang dilindungi. Ini bisa dibilang tempat terbaik di Indonesia untuk mengamati primata dan satwa liar, atau hanya menikmati suasana tropis di negara yang paling alami.

Aktivitas Orangutan di Tanjung Puting

8. Kepulauan Togean, Gorontalo

Terletak di Provinsi Gorontalo yang jarang dikunjungi, Kepulauan Togean menyajikan spesies dan pemandangan eksotis yang paling murni. Terumbu karang, ikan, kura-kura, hiu dan kepiting kelapa yang besar adalah salah satu hewan tropis yang dapat ditemui wisatawan di sini.

Di darat, ada pesona pulau dengan vegetasi yang subur, resor yang menarik dan dermaga yang menakjubkan. Penduduk pribumi pulau ini dikenal sebagai Bajo, atau gipsi laut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya