Airbus Akan Buat Zona Tidur dan Bermain Anak di Pesawat 

Ilustrasi pesawat Airbus
Sumber :
  • REUTERS/Regis Duvignau

VIVA – Terbang naik pesawat untuk perjalanan jauh dan dalam waktu yang lama pasti membuat badan lelah dan kurang tidur. Banyak penumpang mengalami jet lag akibat duduk terlalu lama di dalam kabin pesawat.

Taksi Terbang Airbus Siap Beroperasi Akhir Tahun Ini

Namun jet lag sepertinya tidak akan lagi dialami para penumpang pesawat di masa depan. Karena perusahaan penerbangan Airbus berencana menciptakan zona tidur di kompartemen kargo dalam pesawat. 

Dilansir The Sun, Minggu 15 April 2018, para desainer pesawat telah bekerjasama dengan Zodiac Aerospace untuk mendesain tempat tidur yang mengisi ruang bawah pesawat. Modul tempat tidur akan dibuat agar muat di dalam kontainer kargo. 

Kembangkan Industri Penerbangan RI, Menhub Perkuat Kolaborasi dengan Airbus

Lantai dan sistem pemuatan kargo pesawat tidak akan terganggu, karena model penumpang ini dipasang langsung di atasnya. Termasuk modul dengan tempat tidur, dengan wadah yang dapat digunakan untuk hal lain. 

Mengerikan, Viral Video Detik-detik Pria Tewas Kesedot Mesin Pesawat

Selain zona tidur, modul pesawat ini juga memiliki ruang lounge dengan area tempat duduk, televisi, sehingga para penumpang bisa meregangkan kaki dan menikmati hiburan. Tak hanya itu, pesawat juga akan memiliki ruang konferensi bagi para pebisnis untuk menggelar rapat di atas udara. 

Pesawat juga akan memiliki area bermain anak, dan pusat kesehatan. Modul ini akan dibuat di pesawat berbadan besar Airbus A330 dan bisa dinikmati penumpang mulai 2020. 

Kepala Program Kargo dan Kabin Airbus, Geoff Pinner mengatakan, pendekatan terhadap perjalanan udara komersial ini adalah sebuah langkah perubahan menuju kenyamanan penumpang. 

"Kami sudah menerima banyak respons positif dari beberapa maskapai terhadap model pertama kami," katanya.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya