5 Destinasi Laut Terbaik Indonesia

Mengintip Keindahan Raja Ampat
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVA – Terdiri lebih dari 17.000 pulau yang terbentang di antara dua samudra, membuat Indonesia memiliki pemandangan alam mengesankan dan kehidupan bawah laut yang cantik. Indonesia pun terkenal dengan ekosistem terumbu karang yang paling beragam, dan spesies ikan tropis beragam. 

Sandiaga Uno Tegaskan Indonesia Aman Dikunjungi Wisatawan

Tidak heran banyak wisatawan yang datang menjelajahi pulau di Indonesia untuk menikmati perairan jernih, yang sempurna untuk berselancar, snorkeling, menyelam atau berenang.

Jika Anda berencana untuk menghabiskan waktu dengan menikmati keindahan bawah laut Indonesia, berikut ini lima destinasi laut terbaik Indonesia, yang dirangkum VIVA

Hore! Di Gunung Prau Sudah Ada Posko Kesehatan dan Musala

1. Raja Ampat 

Alam Indonesia Unik, Berpotensi Kembangkan Geopark Skala Dunia

Terletak di lepas pantai Papua, Raja Ampat menjadi salah satu daftar tujuan yang ingin dikunjungi turis ketika berada di Indonesia. Kepulauan ini terkenal dengan ratusan pulau kecilnya yang terselimuti hutan lebat dan dengan cepat menjadi tujuan utama menyelam. Perairan di kepulauan ini juga menyemburatkan warna biru cerah, kaya terumbu karang, dan kehidupan bawah laut.

2. Gili Trawangan

Kepulauan Gili adalah lokasi yang cukup populer bagi para penggemar snorkeling, di mana tiga pulau kecil dibatasi oleh pantai berpasir putih dan terumbu karang berwarna-warni. Tidak hanya itu, para 'pencari matahari' dari seluruh dunia bisa dekat dengan kura-kura yang nongkrong di garis pantai.

Ada banyak hal yang bisa dinikmati di sepanjang pantai yang masih asli. Pergilah ke Gili Meno untuk hamparan pasir yang tenang, di mana Anda bisa menikmati petualangan bersama dalam pengasingan. 

3. Kepulauan Derawan 

Derawan di Kalimantan Timur menjadi salah satu destinasi incaran bukan hanya bagi wisatawan mancanegara tapi juga bagi para wisatawan nusantara khususnya bagi para pencinta dunia bawah laut. Keanekaragaman biota laut, pasir putih dan kejernihan airnya membuat tempat ini menjadi primadona. 

Derawan merupakan rumah bagi beberapa jenis hiu, di sini wisatawan dapat menemukan setidaknya 460 jenis karang, dan lebih dari 870 jenis ikan, mulai dari kuda laut kerdil hingga manta raksasa. Jika beruntung wisatawan dapat menyaksikan segerombolan manta lewat ketika kalian tengah menyelam. 

Selain melakukan kegiatan menyelam, wisatawan pun dapat menyaksikan pemandangan penyu yang bertelur di pinggir pantai. Sebab di tempat ini juga menjadi rumah bagi kura-kura hijau langka dan penyu sisik.

4. Bunaken

Bunaken, Manado, menjadi salah satu tempat yang memiliki ekosistem terumbu karang yang paling beragam. Tercatat sekitar 2.000 spesies ikan tropis, dan 390 jenis karang yang ada di sana. 

Bunaken memiliki beberapa spesies binatang laut, mulai dari kura-kura hijau, hiu karang bersisik, dan beberapa ikan warna-warni, mulai dari oranye, biru dan merah jambu. 

Bukan hanya sampai di situ, ketika menyelam di kedalaman dua meter, jika beruntung kita akan menemukan ikan Napolen yang berwarna hijau atau biru. Kalau beruntung lagi kalian juga dapat menemukan beberapa ikan hiu ramping di sana. 

5. Tulamben, Bali

Bali menjadi salah satu destinasi pantai yang populer di kalangan wisatawan mancanegara. Jika ingin menikmati keindahan bawah laut, coba ke Tulamben. Di bawah laut Tulamben terdapat kapal karam  USAT Liberty Cargo, dinding-dinding batu karang yang indah. 

Daerah ini adalah tempat menyelam terbaik di Bali. Sekitar 15 menit berlayar ke timur terdapat tempat menyelam lainnya yang dikenal dengan Terumbu karang Alamanda dan Batu Kelebit. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya