Kebangkitan Asia di Jember Fashion Carnaval 2018

Jember Fashion Carnaval 2018
Sumber :
  • VIVA.co.id/Isra Berlian

VIVA – Jember Fashion Carnaval (JFC) merupakan karnaval busana tahunan yang digelar selama 17 tahun terakhir ini. Acara ini banyak menarik perhatian masyarakat dunia. Ini tidak lain karena karya desain pakaian dan aksesori yang melekat pada model yang mengagumkan. 

Ada yang Baru di Jember Fashion Carnaval 2020

Pada penyelenggaraan tahun ini, JFC pun mengangkat tema yang sedikit berbeda dibanding tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya JFC mengambil tema yang terinspirasi dari Indonesia, untuk tahun ini JFC yang dihelat pada 7 hingga 12 Agustus 2018 ini akan mengangkat kebudayaan dari berbagai negara Asia. 

"Tema utama JFC-17, ASIALIGHT (Cahaya Asia) sebagai proses kebangkitan negara-negara Asia di tingkat dunia, akan dipresentasikan dalam 10 defile," ungkap Presiden Jember Fashion Carnaval (JFC) Dynand Fariz di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Selasa 17 April 2018. 

Curhat Cinta Laura soal Desainer JFC 2019

Dia melanjutkan, 10 defile terpilih mewakili Benua Asia memiliki keelokan sejarah dan budaya yang dilambangkan dengan Kujang yang menjadi Pusaka Nusantara, Stars simbol dari cahaya, Thailand negara kerajaan Seribu Pagoda. 

Kemudian, Silla salah satu dari tiga kerajaan besar di Korea yang memiliki gendang tradisional bernama Seyogo berbentuk jam pasir, dan Shogun pemimpin para pejuang Samurai di era kekaisaran kuno Jepang.

Kostum Diprotes FPI dan MUI Saat JFC, Cinta Laura Heran

Selain itu  ada pula Bian lian, seni mengubah wajah dalam opera China yang luar biasa, Ottoman (Turki) kekaisaran yang memiliki kekuasaan lintas benua dan menjadi pusat interaksi antara dunia Barat dan Timur, Saudi Arabia negara yang memiliki Tanah Suci, dan India yang dikenal dengan negeri penari.

"Nantinya para peserta akan melintasi jalur sejauh 3,6 km," ujar Dynand.

Di sisi lain, Menteri Pariwisata, Arief Yahya menyebut, penyelanggaraan JFC-17 kali lebih istimewa karena sebagai bagian dalam mempromosikan dan menyemarakan event Asian Games 2018 yang akan berlangsung pada 18 Agustus hingga 2 September di Jakarta dan Palembang. 

“Kemeriahan JFC-17 yang mengangkat ASIALIGHT (Cahaya Asia) berdekatan dengan tagline Asian Games 2018: ‘Energy of Asia’ akan menjadi promosi yang efektif untuk event pesta olahraga terbesar Asia tersebut,” kata dia. 

Berikut ini, jadwal rangkaian lengkap event JFC-17. 

1. Opening JFC International Event (7 Agustus 2018)

2. Pets Carnival (8 Agustus 2018)

3. JFC  International Conference (9 Agustus 2018)

4. JFC International Exhibition (9–12 Agustus 2018)

5. JFC Kids Carnival (10 Agustus 2018)

6. JFC Rhythm Artwear Carnival (11 Agustus 2018)

7. Wonderful Archipelago Carnival Indonesia (WACI) pada 12 Agustus 2018. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya