5 Destinasi Wisata Bawah Laut Terbaik di Dunia

Menyelami Keindahan Bawah Laut
Sumber :
  • NOAA Office of National Marine Sanctuaries/Handout via REUTERS

VIVA – Belakangan ini, kegiatan menyelam semakin populer di kalangan wisatawan yang ingin melihat keindahan bawah laut, yang dipenuhi beragam koral dan biota laut.  

Tito Karnavian Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut

Ada banyak destinasi wisata menyelam di dunia yang menawarkan keanekaragaman hayati dan keunikan dunia bawah laut. Beberapa destinasi laut bahkan memiliki harta karun tersembunyi di dasar laut yang menanti untuk disingkap. 

Berikut ini lima lokasi menyelam terbaik di dunia, yang dilansir dari Dive Magazine.

Bidik 20 Juta Wisman, Kemenpar Gelar Lomba Foto Bawah Laut

1. Chuuk Lagoon, Mikronesia

Pesona Pulau Mincau di Pesisir Barat Indonesia

Chuck lagoon menjadi lokasi menyelam terbaik di dunia. Tempat ini memiliki 48 lebih situs penyelaman terbaik, seperti kapal karam bekas perang dunia kedua di kedalaman 100 meter. 

Selain itu, ada sekitar 15 bangkai kapal di kedalaman 40 hingga 60 meter, termasuk San Francisco Maru yang terkenal. Bangkai kapal ini dipenuhi dengan amunisi, truk, ranjau, bom dan tank. Ada juga Katsuragisan Maru di kedalaman 58 hingga 70 meter. 

2. Gili Trawangan, Indonesia

Gili Trawangan, Lombok.

Tiga pulau di Gili menjadi tujuan wisata laut yang populer karena keindahan alam dan kehidupan laut yang melimpah. Gili Trawangan, adalah pulau terbesar dan terkenal untuk menyelam. 

Di sini, Anda bisa menjelajahi terumbu karang di sekitar pulau dan kemudian menjelajah ke perairan lebih jauh. Jika beruntung, Anda juga akan menemukan hiu dan manta. Atau melihat mola mola ketika arus sedang berjalan.

Tidak hanya di kawasan itu, Anda juga bisa mengunjungi Shark Point untuk menikmati pemandangan karang cantik, kura-kura hingga hiu karang dan ikan pari. 

Tempat menyelam lain yang patut dikunjungi di daerah ini adalah Takat Tunang. Situs itu terletak di sebelah barat laut Lombok dan merupakan penyelaman karang dalam hingga kedalaman maksimum 45 meter.

Waktu terbaik untuk menyelam di sini adalah antara Mei dan September. 

3. Bay Island, Honduras

Kepulauan Bay di Honduras terkenal sebagai situs penyelaman terbaik di dunia. Beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi diantaranya sisi utara Utila. Tempat itu diketahui memiliki dinding dan gua yang dalam untuk dijelajahi pada kedalaman 45 hingga 80 meter. Beberapa gua yang lebih dalam di sisi utara memiliki stalaktit, dan ada banyak spesies ikan pelagis seperti barakuda, marlin dan lumba-lumba.

Sisi selatan Utila lebih terlindung dan memiliki banyak lokasi penyelaman dangkal untuk penyelam rekreasi, berkat terumbu karang yang besar. Jika Anda pecinta adrenalin bisa mencoba ke sisi selatan dan timur karena memiliki gunung laut di kedalaman 40-80 meter.

The Cayman Trench, off Roatan, juga memiliki dinding dan celah yang dramatis untuk dijelajahi pada kedalaman hingga 60 meter. Tempat ini dikenal dengan karang hitam langka dan pertemuan hiu paus. Untuk menyelam di sini, bisa datang kapan saja, meskipun visibilitas air bisa turun sedikit selama musim hujan Oktober hingga Januari. 

4. Puerto Galera, Filipina

Filipina berada di dalam Segitiga Karang dan memiliki kehidupan laut yang melimpah, ditambah berbagai area penyelaman untuk dijelajahi. 

Puerto Galera adalah salah satu daerah terbaik untuk itu. Lokasi tersebut merupakan pilihan yang baik untuk penyelam yang berpengalaman, dan mereka yang ingin belajar menyelam. 

Bagian Pulau Verde mencakup 1,14 juta hektare, memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi, dan sejumlah situs selam yang dalam untuk dijelajahi. Situs menyelam yang dalam termasuk bangkai kapal, dinding dan drop-off

Ada juga banyak makhluk untuk ditemukan di Puerto Galera, termasuk frogfish, kuda laut, cacing Bobbitt, gurita mimik, dan ngengat laut.

5. Dahab, Laut Merah

Dahab mungkin merupakan tujuan menyelam paling ikonik, berkat Blue Hole, dengan kedalaman sekitar 130 meter. Blue Hole memiliki lengkungan yang menghubungkannya dengan Laut Merah, pada kedalaman 55 meter.

Banyak penyelam yang belum berpengalaman telah mati karena mencoba untuk menyelam melalui lengkungan. Namun, ini adalah situs yang bagus untuk pelatihan penyelam teknis karena memiliki arus sedang dan banyak opsi selam yang dalam.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya