Ada yang Menarik di Festival Kota Tua, Catat Tanggalnya

Destinasi wisata kota tua di Sawahlunto, Sumatera Barat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah

VIVA – Jika Anda ingin berlibur atau sedang berada di Sumatera Barat pada 27 hingga 29 April 2018, silakan mengunjungi Kota Sawahlunto. Sebab, pada tanggal itu akan ada Festival Kota Tua.

5 Wisatawan Tewas Tenggelam, Objek Wisata Danau Kandih Ditutup

Acara yang kental dengan budaya masyarakat Sawahlunto ini mengangkat tema, “Dengan Festival Kota Tua, Kita Jadikan Kota Sawahlunto sebagai Heritage Town". Acara tersebut diyakini bakal menarik perhatian para pelancong untuk datang ke kota yang terkenal dengan keharmonisan kehidupan multietnisnya itu.

Festival Kota Tua lahir dan dirintis oleh sebuah komunitas dengan nama Paguyuban Ki Sapu Jagad, yang dipimpin oleh Iwan Darmawan. Rangkaian acara pada gelaran kali ini pun sangat bervariasi dan dinamis.  

Komplotan Kakap Curanmor Sawahlunto Punya Cara Cerdik Kelabui Polisi

“Festival Kota Tua kali ini sangat menarik. Kami mengangkat budaya yang sangat Sawahlunto sekali. Tidak akan ada di daerah lain," kata Ketua Pelaksana Festival Kota Tua, Elddriv Kurnia di Sawahlunto, Kamis, 19 April 2018.

Destinasi wisata kota tua di Sawahlunto, Sumatera Barat.

Virus Corona Belum Berdampak Serius terhadap Pariwisata Sumbar

Suguhan tradisi budaya untuk memanjakan para pelancong, di antaranya gelaran Kuda Kepang, Netherlands and Java Fashion Show, lomba dialog bahasa Tangsi, pameran lukisan dan barang antik serta benda pusaka. Ada juga bazar kuliner tempo dahulu.

Elddriv berharap, Festival Kota Tua ini dapat menjadi stimulan bagi generasi muda untuk lebih mencintai budaya dan kearifan lokal di Sawahlunto. Di samping itu, diharapkan akan ada multiplier effect terhadap perekonomian masyarakat lokal.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Sawahlunto, Efriyanto menyebutkan bahwa kegiatan ini sangat membanggakan karena dirintis dan dimotori oleh salah satu komunitas budaya di Sawahlunto.

“Ini positif sekali, penyelenggaraan festival merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam mempromosikan pariwisata yang akan berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya. (tp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya