Indahnya Santun, Geopark Pertama Thailand yang Diakui Unesco

Geopark Satun di Thailand
Sumber :
  • Courtesy Unesco

VIVA – Dewan Eksekutif UNESCO telah menetapkan 13 geopark nasional dari berbagai negara, termasuk dari Indonesia, menjadi Unesco Global Geoparks pada pertemuan di Paris, Prancis, pekan lalu. selain Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat dan Ciletuh Pelabuanratu Jawa Barat, Geopark Satun yang berada di Thailand pun masuk sebagai UGG.

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

Masuknya Satun sebagai Global Geopark pertama di Thailand ini tidak lain, karena warisan geologis dan budaya dan ikatan antara masyarakat dan lingkungannya.

Situs resmi Unesco menggambarkan daerah tersebut sebagai tempat yang damai dengan keindahan alam yang terkenal, di mana beberapa budaya dan kelompok agama, Budha, Muslim dan Kristen, serta kelompok minoritas, yaitu Semung atau Maniq dan Urak Lawoi, hidup bersama secara harmonis.

5 Negara Muslim Ini Secara Data Bisa Gilas Israel, Nomor 3 Tak terduga!

Geopark yang membentang sepanjang empat distrik dari tujuh kabupaten di provinsi Santun, yakni Thung Wa, Manang, Langu, dan sebagian wilayah distrik Muang. Geopark ini memiliki dua taman nasional termasuk Tarutao yang terkenal, dan satu suaka margasatwa.

"Gunung dan kaki bukit menjadi ciri wilayah timur dan utara, sementara pantai dan pulau-pulau pesisir mendominasi Laut Andaman dari Geopark," kata salah satu perwakilan badan PBB itu, seperti dilansir dari Bangkok Post, Jumat 20 April 2018.

KPK Ungkap Nilai TPPU Eko Darmanto usai Jadi Tersangka, Nilainya Gak Main-main

Unesco mendefinisikan Global Geoparks sebagai area di mana situs dan lanskap penting geologis internasional dikelola dengan konsep holistik perlindungan, pendidikan, dan pembangunan berkelanjutan.

Dengan luas 2.479 kilometer persegi, Satun adalah salah satu provinsi daratan terkecil di wilayah selatan. Status Geopark ini akan berlaku mulai tahun ini hingga 2021, setelah itu harus melalui proses revalidasi kembali.

Ilustrasi Traveling

Pariwisata Hijau dan Berkelanjutan Bakal Jadi Fokus Kemenparekraf

Tahun ini, kemitraan co-branding Wonderful Indonesia akan banyak mengusung tema, konsep, serta program yang terkait pariwisata hijau dan berkelanjutan.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024