Rute Sepeda di Indonesia dengan Pemandangan Terindah

Etape Terakhir Tour de Flores 2017
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA – Belakangan ini popularitas event balap sepeda di Indonesia cukup populer terutama bagi para penggemar sepeda. Tidak heran event semacam ini dikemas dengan menarik, salah satunya adalah ajang balap sepeda.

Beda dengan Daerah Lain, Driver Ojol di Bali Mesti Wajib Bisa Bahasa Asing

Tidak hanya dikemas dengan mengandalkan trek yang menantang, tetapi ajang balap ini juga dikemas dengan konsep wisata. Yang mana mereka bisa menikmati beberapa keindahan alam Indonesia. Sebut saja Tour de Flores atau Tour de Singkarak yang cukup populer di kalangan wisatawan asing.

"Sepeda ini kan jadi populer karena belakangan ada kejuaraan tour de, setelah banyak wisatawan yang datang dan mengagumi keindahan alam rute kita, kemudian beberapa tempat jadi populer," kata Jannes Eudes Wawa yang sudah 10 tahun terakhir terlibat mengorganisir Jelajah Sepeda, Tambora Bike Camp hingga Jateng Bike kepada VIVA di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Selasa 8 Mei 2018.

5 Kota Kecil Terindah di Dunia Tahun 2024, Ada Kota Indonesia Ini

Dia menjelaskan, beberapa rute seperti di Jawa Tengah pun menjadi incaran para pencinta balap sepeda, sebut saja rute ke arah Borobudur atau ke arah Batu Raden. Tidak hanya itu, Sumatera Utara pun menjadi lokasi favorit di kalangan wisatawan asing untuk bersepeda.

"Sumatera Utara juga bagus view-nya Danau Toba, rutenya dari Silangit-Samosir-Silangit atau ada juga yang dari Medan ke Toba, tergantung pilihan," kata dia.

Sport Tourism Jadi Cara Jitu Datangkan Wisatawan

Sementara di Sumatera Barat, kata Jannes, juga ada beberapa spot seperti Kelok 44 atau jalur menuju Solok. Untuk kelok 44, selain treknya yang berkelok dan menantang, para pesepeda pun bisa menikmati beberapa pemandangan menarik di sekitar trek.

"Kelok 44 itu menarik, jadi kalau setiap kelokan itu ada angkanya dan sering dijadikan untuk berfoto bisa narsis. Selain itu, pesepeda juga bisa menikmati beberapa pemandangan rumah gadang hingga teduhnya alam karena banyak pohon di sana," tuturnya.

Di samping itu, daya tarik Solok terletak pada treknya yang berada dekat dengan perkebunan teh. Bahkan, rute dari Bukittinggi menuju Solok hingga Alahan Panjang menyediakan pemandangan danau yang indah.

"Mereka nanti menanjak dari Bukittinggi ke arah Solok kemudian ke Alahan Panjang sambil menikmati beberapa danau atas dan bawah yang sering disebut danau kembar," kata dia.

Sementara Flores dan Bali juga menjadi favorit. Untuk Flores sendiri yang menjadi daya tariknya adalah pemandangan Danau Kelimutu.

"Uniknya antara pantai dan gunung waktunya sedikit, karena treknya memanjang. Ketika pagi dia ada di daerah pesisir pantai tapi kalau sudah siang ada di daerah pegunungan dan sore bisa kembali ke areal pesisir dan ini menarik," ucap Jannes.

Satu lagi yang menjadi destinasi terbaik untuk bersepeda adalah Tana Toraja. Selain dapat bersepeda, mereka juga bisa melihat rumah adat Toraja yang unik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya