Terpikat Pesona Lembah Harau, Yosemite-nya Indonesia

Lembah Harau di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.
Sumber :
  • VIVA/Adinda Permatasari

VIVA – Jika Anda mengunjungi Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, luangkanlah sedikit waktu untuk menelusuri sudut-sudut keindahan alam di beberapa daerah sekitarnya. Salah satunya adalah Lembah Harau, sebuah lembah yang dikelilingi hijaunya alam yang menyejukkan mata.

Virus Corona Belum Berdampak Serius terhadap Pariwisata Sumbar

Lembah Harau terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Lokasinya sekitar 138 kilometer dari Padang dan 18 kilometer dari Kota Payakumbuh.

Perjalanan menuju lembah yang dijuluki Yosemite-nya Indonesia ini terasa sangat menyenangkan. Di sepanjang jalan menuju lembah dikelilingi tebing-tebing granit yang menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik. Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang masih hijau dan asri, bagai surga.

Genjot Wisata Bahari, Sumbar Bisa Jadi Destinasi Unggulan di Sumatera

Lembah Harau diapit oleh dua bukit cadas terjal dengan ketinggian 150 meter berupa batu pasir terjal berwarna-warni. Selain bukit-bukit indah, di Lembah Harau juga terdapat air terjun. Terdapat kolam di bawahnya yang bisa digunakan untuk berenang.

Lembah Harau di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Ada Destinasi Baru, Kampung Warna-warni Bernuansa Jokowi

Tak ingin cepat-cepat beranjak dan lebih lama menikmati keindahan Lembah Hijau, Anda bisa menyewa kamar di penginapan yang berupa rumah-rumah kecil di sekitar lembah. Terdapat juga beberapa resor yang menawarkan fasilitas dengan sudut pemandangan tertentu dari lembah.

Keeksotisan Lembah Harau memang sangat menarik untuk diabadikan dalam sebuah foto, tapi jika Anda tidak membawa kamera, tenang saja karena di sana banyak jasa foto keliling yang bisa mengambil foto Anda di sudut-sudut terbaik. Bahkan para penjaja jasa foto keliling ini sudah siap dengan mesin cetak yang langsung mencetak foto Anda saat itu juga.

Meski akses menuju Lembah Harau sudah cukup baik, tapi sayang belum ada angkutan umum untuk menuju ke sana. Satu-satunya cara adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya