Giliran Australia Keluarkan Travel Advice Pasca Bom Surabaya

Warga Bersihkan Gereja Surabaya Pasca Bom.
Sumber :
  • REUTERS / Beawiharta

VIVA – Setelah Inggris, kini giliran pemerintah Australia yang merilis travel advice atau imbauan kepada warganya yang sedang berada di Indonesia atau akan berkunjung ke Indonesia.

Australia Keluarkan Travel Advice ke RI Gara-gara KUHP Baru

Travel advice tersebut dikeluarkan pasca penyerangan bom di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur, yaitu di Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela, Gereja Kristen Indonesia dan Gereja Pantekosta Pusat Surabaya pada Minggu pagi, 13 Mei 2018, serta ledakan bom di Rusunawa Wonocolo, Sidoarjo, Jawa Timur pada Minggu malam.

Pernyataan tersebut dirilis di situs resmi pemerintah Australia. Berikut ini pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah Australia untuk warganya.

On This Day: Teror Bom Surabaya Bikin Persebaya Geram

"Pada 13 Mei 2018 ada serangan bom di tiga gereja di Surabaya yang menyebabkan banyak kematian dan cedera. Warga Australia diingatkan akan risiko yang semakin meningkat dari serangan lebih lanjut menjelang dan selama Ramadan (pertengahan Mei hingga pertengahan Juni 2018)," begitu bunyi travel advice pemerintah Australia seperti dikutip dari smartraveller.gov.au, Senin, 14 Mei 2018.

Tidak hanya di Surabaya saja, pemerintah Australia pun mengeluarkan travel advice warganya ke Bali.

Australia Waswas Tes Virus Corona di Indonesia Masih Terbatas

"Tingkat saran kami tidak berubah, termasuk Bali. Tingkat yang lebih tinggi berlaku di beberapa bagian negara," lanjut pernyataan tersebut.

Sebagai informasi, akibat kejadian bom di Surabaya tersebut hingga pagi ini diketahui data terakhir yang diperoleh dari Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya menyebutkan, 14 korban tewas dan 39 orang lainnya mengalami luka-luka.

Baca juga: Singapura Juga Keluarkan Travel Advice Terkait Bom Surabaya

Serangan bom juga kembali terjadi Senin pagi, 14 Mei 2018 di Mapolrestabes Surabaya, tepatnya pada pukul 08.50 WIB. Dipastikan ada korban dari  anggota kepolisian, namun belum bisa diketahui apakah korban luka atau korban tewas.

Baca juga: 4 Hal Wajib Dilakukan Saat Traveling dan Terjebak Aksi Teror

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya