10 Kota Teraman dari Teroris, Jakarta Nomor Berapa?

Kota Tokyo, Jepang.
Sumber :
  • VIVA/Syahrino Putama

VIVA – Teror bom di tiga gereja di Surabaya, Minggu 13 Mei 2018, menunjukkan terorisme dapat terjadi di mana aja. Setidaknya 14 orang tewas dan puluhan orang lainnya terluka akibat serangan bom bunuh diri di Surabaya. 

Jepang, Negara yang Hampir Mustahil Warganya Kehilangan Barang

Selain kota Surabaya, Jakarta juga pernah mengalami beberapa serangan terorisme, yakni bom Kampung Melayu pada 2017, dan aksi terorisme dan bom di kawasan MH Tamrin pada 2016. Tidak hanya Indonesia, sejumlah ibu kota negara di dunia juga mengalami aksi teror seperti di London (Inggris), dan Paris (Prancis).

Lembaga riset dunia, The Economist, menemukan bahwa bahaya kejahatan, seperti kejahatan siber, terorisme, dan kekerasan, yang dipicu ketidaksetaraan, sedang meningkat terjadi di daerah perkotaan. 

10 Kota Teraman di Dunia dan Bebas dari Ancaman COVID-19

Oleh karena itu, tingkat keamanan kota menjadi rujukan utama bagi masyarakat dunia untuk bepergian ke sebuah kota. Bepergian ke kota-kota aman dari terorisme harus menjadi prioritas para traveler agar tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. 

Polisi bersiaga di sekitar lokasi ledakan di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS) Surabaya

Enam Negara Teraman jika Perang Dunia Ketiga Terjadi

Lalu kota-kota mana saja yang aman untuk bepergian, aman dari ancaman terorisme dan kejahatan lainnya?

Dilansir dari Business Insider, perusahaan media dan riset The Economist, menyebut Tokyo, Jepang, sebagai kota paling aman di dunia dengan nilai 89,8. Sedangkan kota paling tidak aman adalah Karachi di Pakistan. 

Hal ini berdasarkan riset terhadap 60 kota di dunia berdasarkan keamanan personal, keamanan digital, keamanan kesehatan, dan keamanan infrastruktur. Keamanan personal memperhitungkan tingkat kejahatan kota, terorisme dan kejahatan-kejahatan lainnya. 

Pasca Serangan Teroris di Sarinah

Sementara Jakarta berada di peringkat 57 turun 13 peringkat dari tahun sebelumnya dengan skor 53,39. Jakarta berada di peringkat terendah untuk keamanan digital dan kesehatan, sedangkan keamanan personal Jakarta berada di peringkat 51. 

Berikut daftar 10 negara teraman di dunia, menurut The Economist. 

1. Tokyo, Jepang
2. Singapura
3. Osaka, Jepang
4. Toronto, Kanada
5. Melbourne, Australia
6. Amsterdam, Belanda
7. Sydney, Australia
8. Stockholm, Swedia
9. Hong Kong, China 
10. Zurich, Swiss
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya