4 Masjid Tercantik di Dunia, Pasti Kamu Terpana

Masjidil Haram di Kota Mekkah pada malam hari.
Sumber :
  • REUTERS/Ahmed Jadallah

VIVA – Memasuki bulan Ramadan, kegiatan traveling ke berbagai destinasi cantik mungkin akan sedikit berkurang terutama bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa. Meski demikian, umat Muslim pada bulan Ramadan bakal banyak mengunjungi beberapa masjid.

Terakam Momen Haru Polisi Gendong Jemaah Umroh Disabilitas, Terima Ganjaran Ini

Selain untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan, sebenarnya kamu juga bisa mencari tahu sejarah peradaban Islam sekaligus menikmati keindahan arsitektur bangunan Masjid.

Lalu di mana sajakah sejumlah masjid yang memiliki bangunan arsitektur tercantik di dunia? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini empat masjid tersebut.

Aceh Ramadhan Festival Tawarkan Perjalanan Spritual Tradisi Budaya Aceh

1. Masjidil Haram di Mekah

Berada di Mekah, Arab Saudi, Masjidil Haram merupakan masjid terbesar dan tersuci di dunia. Ada Ka'bah di tengah masjid ini yang terdiri dari enam lantai demi menampung umat Muslim yang datang dari berbagai negara untuk menjalankan ibadah haji.

7 Lantunan Merdu Imam Masjidil Haram Memandu Sholat Tarawih di Bulan Ramadhan

Masjid ini pun memiliki arsitektur yang elegan sehingga nampak begitu megah dan indah. Wujud arsitektur Islami di Masjidi Haram memberi kedamaian. Warisan arsitektur Kesultanan Turki Utsmani di Masjidil Haram masih tersisa dan terasa kemegahannya.

2. Masjid Biru di Istanbul

Masjid ini terkenal dengan interior dengan warna serba biru, sehingga tidak heran masjid ini diberi nama Masjid Biru, padahal nama sebenarnya adalah Masjid Sultan Ahmet. Masjid yang dibangun oleh Sultan Ahmet I tersebut berdiri kokoh dengan pilar besar dan hamparan ubin yang dirancang dalam corak Izink abad ke-16, yang khas dengan desain bunga, pohon, dan pola abstrak.

Masjid ini juga memiliki 260 buah jendela bertahta kaca patri abad ke-17 yang sengaja dibuat sebagai penerangan. Jika Anda berkunjung ke masjid ini saat musim panas, setiap malamnya akan disuguhkan dengan atraksi lampu yang keren dan memanjakan mata.

3. Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi

Masjid Agung Sheikh Zayed merupakan masjid terbesar ketiga di dunia setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Ada 82 kubah masjid dengan tujuh ukuran berbeda, di mana kubah utama masjid terletak di tengah-tengah masjid menjadikannya sebagai kubah masjid terbesar di dunia, yang punya tinggi 85 meter dan diameter 32,2 meter.

Tidak hanya itu, masjid ini juga memiliki kolam yang membuat masjid semakin mengagumkan. Kolamnya memiliki dasar berwarna biru dengan desain lantai berbeda, sehingga airnya tampak jernih. Masjid ini juga memiliki karakteristik marmer berwarna putih, karena almarhum Sheikh Zayed menyukai warna putih yang merupakan simbol kemurnian dan kesalehan. Untuk lantai bagian kolom dan halaman masjid juga terbuat dari marmer putih berhias bunga warna warni yang indah.

Sementara masjid tampak sangat spektakuler terutama di malam hari, karena ada pencahayaan yang sangat indah dengan perpaduan sinar bulan dan warna awan yang memungkinkan bagian luar masjid dapat berubah warna setiap malamnya.

4. Masjid Hassan II di Casablanca

Masjid ini memiliki keunikan tersendiri, yakni berada di atas permukaan air laut Atlantik. Dari segi arsitektur, keindahan masjid ini hampir sama dengan Masjid Cordoba di Spanyol. Dinding masjid dihiasi kaligrafi dan mozaik-mozaik yang indah. Masjid ini juga punya sebuah menara pencakar langit yang tingginya mencapai 210 meter serta taman dengan air mancur yang di bawahnya terdapat kolam.

Masjid Hassan II memanfaatkan teknologi canggih, di mana pintu dan atap bisa dibuka dan tutup menggunakan teknologi terbaru. Tak cuma itu, masjid ini juga memakai teknologi pemanas lantai untuk mengontrol suhu di dalam masjid ketika musim dingin. Beberapa lantai masjid pun dibuat dari kaca tebal, sehingga para jemaah bisa melihat keindahan samudera Atlantik. (ch)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya