Serunya Berobat Sekaligus Berwisata di Jepang

Kaikoukai Japan Medical Tourism
Sumber :
  • Courtesy Kaikoukai Japan Medical Tourism

VIVA – Jepang tak hanya memiliki keindahan alam dan budaya yang menjadi daya tarik wisata, tapi kemajuan teknologi yang sangat pesat. Termasuk teknologi pengobatan mutakhir.

Private Tour Anti Ribet, Pilihan Ideal Trip Ke Jepang

Karena itu, kini muncul sebuah program wisata yang menggabungkan pengobatan medis sekaligus diselingi dengan kegiatan mengunjungi tempat-tempat menarik di Jepang. Salah satunya adalah program Kaikoukai Japan Medical Tourism yang ditawarkan oleh Kaikoukai Group.

Wisata medis ini difokuskan pada pengobatan medis mutakhir, yakni terapi ultrasound terfokus (FUS) untuk gemetar yang penyebabnya tidak diketahui atau disebut dengan tremor esensial, dan pemeriksaan kesehatan atau medical check up menggunakan PET-CT.

Kenapa Tiket ke Jepang Lebih Mahal Belakangan Ini?

Tim medis dari Kaikoukai dr. Jacub Pandelaki, SpRad(K) menjelaskan, Terapi FUS merupakan terapi pengobatan tremor esensial tanpa menggunakan pisau bedah. Terapi ini menggunakan gambar MRI untuk menentukan posisi pengobatan secara presisi atau tepat, dan memusatkan gelombang ultrasound pada satu bagian otak yang akan dilakukan asiai termal.

Kaikoukai Japan Medical Tourism

Jerome Polin Bagikan Tips Traveling Anti-Mainstream ke Jepang Tanpa Khawatir Dompet Kering

"Persiapan termasuk CT scan untuk mengetahui ketebalan tulang, lokasi talamus yang akan ditembak dengan gelombang suara yang difokuskan," ujar Jacub saat ditemui di sebuah acara di Hotel Fairmont, Jakarta, baru-baru ini.

Total pengobatan ini memakan waktu empat jam dengan jangka waktu rawat empat hari. Prosedur ini juga melibatkan tim ahli lainnya, seperti ahli bedah saraf, ahli saraf, radiologi, perawat, serta clinical engineer dari MRI. 

Deteksi Kanker

Pemeriksaan kesehatan menggunakan PET-CET berguna untuk melakukan dini deteksi kanker. Jacub menjelaskan pemeriksaan ini merupakan gabungan dari CT Scan dan position emision tomography yang merupakan metode kedokteran nuklir di mana pasien disuntikan suatu radiofarmaka lalu menunggu selama 1,5 jam, barulah dipindai dengan alat ini.

Dari rangkaian pengobatan ini, Anda juga bisa meluangkan waktu untuk menikmati keindahan Jepang tepatknya di Perfektur Aichi. Menurut Panji Aria Senopati dari Kaikoukai Group, di perfektur ini terdapat kota kecil Inuyama yang memiliki populasi 75.000 orang.

Inuyama Castle, Jepang

"Ada banyak spot wisata di sini yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Kastel Inuyama yang merupakan salah satu castle tertua di Jepang," jelas Panji.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi kota tua di Inuyama, sambil melihat berbagai atraksi dan menyewa kimono dan berjalan-jalan di sekitar kota tua. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya