Tips Liburan Murah Saat Lebaran Ala Travel Blogger

Ilustrasi traveling.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA – Tahun ini libur sekolah yang berdekatan dengan libur lebaran dimanfaatkan sekaligus untuk liburan bersama keluarga. Hal ini pun berdampak pada pengeluaran yang dua kali lebih besar.  

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV

Yang bikin makin sakit kepala, pada momentum tersebut harga tiket perjalanan mengalami kenaikan dua kali lipat dibanding waktu biasa. Meski demikian, salah satu travel blogger, Ashari Yudha (catatan backpacker) memberikan beberapa tips untuk mengantisipasinya. 

"Antisipasinya pilih transportasi yang murah. Contoh kita bisa liat harga antara pesawat sekian, harga kereta sekian, harga bus sekian pilih yang paling murah yang mana," kata dia kepada VIVA di Senyan City.

SIM Mati Bisa Diperpanjang, Tidak Perlu Bikin Baru

Dia menambahkan, konsekuensi yang memang harus diterima ketika memilih transportasi yang lebih murah adalah lebih lama tiba di tempat tujuan. 

"Memang akan lebih lama, tetapi cost akan lebih murah. Apalagi kereta karena setiap lebaran gerbong ditambahkan, untuk menunjang kapasitas," ujarnya menambahkan.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Tak hanya itu, untuk menghemat biaya Anda juga harus menentukan di mana destinasi pilihan Anda.  "Tentukan ke mananya terlebih dahulu, waktu yang dipunya berapa lama, cocokkan kedua itu untuk menemukan pilihan transportasi yang tepat," jelas dia. 

Selain itu, jangan melalukan perjalanan secara tiba-tiba (dadakan), karena hal ini berpengaruh pada harga tiket perjalanan.  "Agar tiket lebih murah dan masih tersedia transportasinya." (mus) 

Dia pun juga menyarankan untuk rajin-rajin mengecek website official maskapai atau kereta untuk mendapatkan berbagai tiket promo menarik yang terkadang dibuat oleh perusahaan tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya