10 Destinasi Wisata di Semarang untuk Isi Libur Lebaran

Sorot Cagar Budaya - Wisata Cagar Budaya Lawang Sewu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA – Jelang hari raya Idul Fitri banyak masyarakat Muslim yang melakukan tradisi mudik ke kampung halamannya untuk bersilaturahmi dengan keluarga. Tidak hanya bersilaturahmi, libur Lebaran yang juga bertepatan dengan libur sekolah dimanfaatkan masyarakat untuk berwisata.

Libur Panjang Imlek, Intip 4 Wisata Menarik di Semarang Bernuansa Pecinan

Dalam memudahkan para pemudik, Kementerian Pariwisata telah menyiapkan program pesona mudik. Program tersebut akan memberikan informasi seputar top 10 destinasi, top 10 kuliner, dan top 10 event terutama di daerah tujuan mudik, yakni di Pulau Jawa.

"Ada yang dibutuhkan saat mudik Lebaran, bukan hanya silaturahmi, tetapi juga berwisata di kampung halaman. Destinasi utama di daerah tujuan mudik ada 10 top di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur agar wisatawan tahu mau ke mana," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya saat ditemui awak media baru-baru ini.

Mau Wisata ke Kota Lama dan Lawang Sewu Semarang? Naik Kereta Cuma Rp10 Ribu

Dari beberapa destinasi yang telah disiapkan, berikut ini top 10 destinasi di Semarang yang dikutip VIVA dari laman resmi kemenpar.go.id.

1. Museum Ronggowarsita 

Cantiknya Jembatan Kaca Tinjomoyo Semarang, Kapan Dibuka?

Museum Ronggowarsita menjadi situs bagi karya besar filsafat dan kebudayaan. Lokasinya yang berada di Jalan Abdurrahman Saleh adalah museum terlengkap di Semarang. Ada koleksi arkeologi, sejarah, alam, budaya, hingga era pembangunan dan pengembangan wawasan nusantara.

Nama museum ini diadopsi dari pujangga besar Ronggowarsita. Beberapa karyanya yang monumental adalah Serat Kalatidha yang berisi gambaran ‘zaman edan’.

2. Masjid Agung Jawa Tengah 

Filosofi besar juga ditawarkan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). MAJT seolah menjadi pilar 25 Nabi. Sarat filosofi dan ditopang fisik bangunan megah, MAJT ada di Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Gayamsari.

Menempati areal seluas 10 hektare, masjid ini mampu menampung 13.000 jemaah. Dengan posisinya ini, masjid ini menjadi simbol kebesaran Jawa Tengah sekaligus destinasi wisata religi terbaik. 

3. Gedung Lawang Sewu 

Gedung Lawang Sewu merupakan etalase Kota Semarang. Bangunan ini demikian fenomenal dengan warna sejarah kuat. Menjadi ikon Kota Semarang, Lawang Sewu menjadi bukti kegigihan pemuda Kota Semarang dalam mengusir penjajahan melalui pertempuran lima hari. Saat ini Lawang Sewu menjadi cagar budaya dengan usia lebih dari seratus tahun. 

4. Kota Lama Semarang 

Berada di Semarang belum lengkap tidak mampir ke kawasan Kota Lama. Kawasan ini menjadi citra visual arsitektur Eropa klasik. Sebab, distrik ini dipenuhi bangunan kuno berarsitektur Eropa dengan usia yang sangat tua. Kawasan ini pun menjadi destinasi favorit di Semarang dan menjadi rujukan para wisatawan. 

5. Pagoda Avalokitesvara 

Menguatkan filosofi dan keberagaman kultural, Pagoda Avalokitesvara pun disajikan TripAdvisor. Kaya akan warna, Kota Semarang memang menjunjung tinggi semangat keberagaman.

Kekuatan ini muncul melalui Pagoda Avalokitesvara atau lebih familiar Pagoda Watugong. Karena unik, Pagoda Watugong ini ditetapkan oleh MURI sebagai yang tertinggi di Indonesia. 

6. Klenteng Sam Po Kong (Gedong Batu) 

Klenteng Sam Po Kong juga lekat dengan perkembangan Islam di wilayah Semarang. Sebab, lokasi ini menjadi tempat peristirahatan sementara penjelajah Muslim besar Tiongkok Laksamana Cheng Ho.

Wisata Klenteng Sam Poo Kong

Di dalam tanah Klenteng Sam Po Kong terdapat gua yang dikenal sebagai Gedong Batu. Kawasan ini menjadi destinasi religi bagi berbagai latar belakang. Area ini juga menjadi penegas toleransi. 

7. Kampung Pelangi Semarang 

Melengkapi kuatnya nilai historis, Kota Semarang pun menghadirkan Kampung Pelangi. Berada di Jalan Dr. Soetomo dan dekat Gedung Lawang Sewu, kampung ini sangat instagramable.

Mewakili energi dari generasi zaman now, Kampung Pelangi Semarang adalah spot terbaik destinasi digital. Setiap sudut akan dijumpai dengan mudah angle foto terbaik. 

8. Brown Canyon 

Memanfaatkan potensi lingkungan karena campur tangan manusia, Brown Canyon pun dihadirkan oleh TripAdvisor sebagai rujukan destinasi wisata. Awal terbentuknya Brown Canyon ini unik.  Sebab, spot ini sejatinya bekas tambang galian tipe C.

Namun, karena galian meninggalkan bentuk-bentuk yang unik maka menarik minat publik. Mereka datang untuk berfoto baik rombongan maupun swafoto. 

9. Taman Puri Maerokoco 

Taman Puri Maerokoco kini kembali menggeliat. Usai restorasi 2015, Taman Puri Maerokoco pun tampil dengan energi baru. Ada fasilitas jogging track mangrove, pembenahan area jembatan, bahkan anjungan pun diperbarui tampilannya. 

10. Pantai Marina 

Berbasis bahari, Kota Semarang juga memiliki destinasi bernama Pantai Marina. Kawasan ini adalah taman rekreasi yang murah meriah bagi publik. Siapa pun bisa menghirup segarnya udara pantai di sini plus deburan ombak. Kawasan ini juga menjadi destinasi unggulan warga Semarang karena view alamnya eksotis. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya