Pantai Patokan dan Tanjung Silar, yang Hit di Sulawesi Utara

Pantai Patokan dan Tanjung Silar di Sulawesi Utara
Sumber :
  • VIVA/Agustinus Hari

VIVA – Cukup banyak kawasan wisata pantai di Sulawesi Utara, namun yang benar-benar menguji adrenalin dan nyali wisatawan hanya di Pantai Patokan dan Tanjung Silar, Desa Jiko, Kecamatan Motongkat, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. 

Geger! Warga Temukan Mayat Dalam Koper Hitam di Cikarang Bekasi

Pantai ini cocok bagi wisatawan yang memiliki jiwa petualang. Betapa tidak, jarak menuju Pantai Patokan dan Tanjung Silar saja dari Manado harus menempuh lima hingga enam jam perjalanan darat menggunakan kendaraan bermotor. 

Setelah merasakan kelelahan dengan jalan berkelok-kelok, tiba di Desa Jiko, kita harus menggunakan perahu bermotor selama 15-20 menit hingga tiba di Pantai Patokan dan Tanjung Silar. 

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Lokasi wisatanya sangat istimewa, selain pasir putih para pengunjung akan melihat berbagai tebing dengan bibir pantai. Sayangnya pengelola tempat wisata tersebut belum memberikan jaminan keamanan, karena di daerah tebing hanya dipagari beberapa bambu saja. Ini yang membuat pengunjung merasa ngeri untuk melihat pantai dari ketinggian. 

“Takut juga kalau lihat pantai yang biru dari atas tebing ini,” ujar Nola Tatinting, salah satu pengunjung asal Manado, beberapa waktu lalu. 

Kondisi Gaza Jauh Lebih Hancur Dibanding Kota di Jerman Pada Perang Dunia II

Meski begitu pantai ini memiliki pemandangan yang menakjubkan. Bahkan seperti berada di pantai Navagio di Yunani, yang menjadi salah satu lokasi film Korea Selatan, Descendant of the Sun.

Tempat wisata itu memiliki luas sekitar 10 kilometer. Jika sudah tiba di situ, kita harus menaiki gunung, kemudian akan menikmati sensasi lain dari atas gunung untuk melihat lautan yang biru. 

Setelah naik gunung sekitar 200 meter akan menemukan pantai lagi dengan hamparan pasir putih. Di tempat ini akan terlihat banyak pengunjung yang memanjakan diri berendam dalam air sambil melihat warga lain yang lompatan dari atas tebing ke laut biru. Sungguh kita akan menikmati petualangan yang mengasyikkan. 

Tidak perlu banyak duit untuk masuk ke Pantai Patokan dan Tanjung Silar. “Hanya perlu Rp20 ribu ketika naik perahu bermotor dan Rp2.000 pas masuk. Itu saja,” ujar Hasan, pemilik perahu motor saat mengantarkan pengunjung ke Pantai Patokan dan Tanjung Silar. 

Perahu yang Anda naiki saat ke lokasi wisata, perahu itu pula yang akan mengantar kembali pulang. “Pantai ini baru sekitar setahun terakhir ini ramai dikunjungi, padahal sudah ada dari puluhan tahun,” kata Aso Budiman, petugas di lokasi wisata tersebut. 

Pria asal Tagulandang ini mengaku kalau hari libur ada sekitar seribu warga dari berbagai daerah termasuk Manado datang berkunjung. “Kalau kemarin ada 800 orang. Tapi hari ini karena libur panjang bisa sampai ribuan,” katanya sambil menunjukkan buku tamu para pengunjung. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya