Rayakan Peh Cun, Warganet Ramai-ramai Coba Telur Berdiri

Perayaan Peh Cun mendirikan telur
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana

VIVA – Festival Peh Cun atau Festival Perahu Naga, merupakan salah satu perayaan tradisional penting dalam budaya dan sejarah masyarakat Tiongkok. 

Hal yang Dilarang Saat Imlek Sampai Kaitannya dengan Hujan dan Hoki

Perayaan yang telah berumur lebih dari 2300 tahun ini, dirayakan setiap tanggal 5 bulan 5 penanggalan Imlek. Pada tahun 2018 ini, Peh Cun dirayakan tepat pada tanggal 18 Juni 2018.

Festival ini ditujukan untuk mengusir penyakit dan meminta kesehatan. Banyak kegiatan yang dilakukan selama perayaan. Dari makan bakcang, menggantung mugwort dan calamus, mengenakan kantong berbau harum. 

Festival Perahu Naga, Jurus Pemkot Depok Dongkrak Wisata Situ

Selain itu ada juga kepercayaan dan kebiasaan unik saat Peh Cun, yaitu mendirikan telur. Dari laman Indonesia Kaya, diketahui bahwa tradisi ini menurut kepercayaan orang Tionghoa, bagi mereka yang berhasil mendirikan telur akan mendapat berkah dari langit. 

Meriah dan Beragam, Karnaval Perayaan Cap Go Meh di Glodok

Tagar Pecun di media sosial juga ramai dihiasi dengan berbagai kegiatan masyarakat yang berusaha mendirikan telur, yang konon katanya telur akan bisa berdiri tepat jam 12 siang. 

"Behind the scene mendirikan telur," tulis salah seorang netizen,"Sungguh takjub ne biasanya ga bisa menyaksikan telur berdiri...Akhirnya dikasih kesempatan juga buat saksikan," tulis yang lainnya disertai unggahan video.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya