Kini Cuci Piring Tak Perlu Pakai Air, Cukup Gunakan Alat Ini

Dishue, pembersih piring tanpa air
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Pegiat aktivitas outdoor seperti traveling maupun aktivis kemanusiaan, kini tak perlu air bila mau membersihkan wadah bekal makanan seperti piring, gelas, sendok. Lima orang mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) memberikan solusi inovatif dengan membuat DISHUE (dish washing without watering, as solution for a better travelling).

Jelang Pemilu 2024, Rektor IPB Imbau Hindari Polarisasi hingga Informasi Tak Benar

Dishue merupakan tisu yang digunakan untuk membersihkan tempat makanan tanpa menggunakan air. Kelima mahasiswa tersebut adalah Nauvaldy Achmad Fachreza, Tsabitah Shofiyana, Jihan Suraya, Anggita Nurul Annisa dan Alfiyyah Hasanah, di bawah bimbingan Dr. Dwi Setyaningsih Program Kreativitas Mahasiswa bidang kewirausahaan (PKMK). 

Proyek yang mereka jalankan berhasil didanai Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI. Dengan produk ini mereka berharap dapat membantu memudahkan para aktivis, pegiat outdoor ataupun masyarakat dalam membersihkan wadah makanannya.

Berawal dari Kerja Cuci Piring, Christian Sugiono Kini Jadi Pebisnis Hebat

Bahan baku utama DISHUE, yaitu tisu yang lentur dan tidak mudah sobek. Dalam tisu tersebut terdapat larutan yang berfungsi untuk mengangkat lemak dan kotoran sisa-sisa makanan. Produk ini dijual per bungkus dengan isi enam lembar dengan harga saat ini Rp6 ribu. Kelebihan lain tisu ini terdapat aroma dengan varian lemon dan green tea. Selain membersihkan lemak, Dishue juga akan menghilangkan bau amis pada wadah.

 “Tisu ini bisa digunakan di berbagai macam bahan baku tempat makan seperti plastik, melamin, stainless steel dan sebagainya. Setelah wadah dibersihkan dengan tisu ini, wadah dapat digunakan kembali karena bahan yang terkandung dalam produk ini juga aman. Kita memproduksinya di Bogor dan sudah mulai menerima orderan baik dari Bogor dan sekitarnya. Untuk pemasaran kita sudah lakukan melalui berbagai media sosial,” ujar Nauval.

Hati-hati Klaim BPA Free
Ilustrasi spons cuci piring.

Spons Pencuci Piring Bisa Sebabkan Keracunan, Kolera hingga Kelenjar Tiroid, Kok Bisa?

Disebutkan ada satu cara yang disebut-sebut ampuh membunuh bakteri di dalam spons pencuci piring adalah dengan rutin mengganti spons yang digunakan.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2024