Menpar Targetkan 100 Ribu Wisman ke Nias pada 2019

Melihat Lebih Dekat Aksi Lompat Batu di Nias
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

VIVA – Kepulauan Nias telah menjadi salah satu destinasi wisata populer di Sumatera Utara. Keindahan budaya dan pantai menjadi salah satu daya tarik utama Nias. Nias bahkan menjadi salah satu tempat tujuan bagi para peselancar dari seluruh dunia. 

Mudik Lebaran 2024, Ini Titik Kemacetan di Bandara Soetta

Tahun 2019, Menteri Pariwisata, Arief Yahya, menetapkan jumlah kunjungan wisatawan ke Pulau Nias naik menjadi tiga kali lipat dari tahun 2017 atau sekitar 100.000 kunjungan wisatawan. Menpar yakin dengan potensi yang dimiliki Nias, baik wisata budaya hingga bahari. 

Menurutnya target tersebut sangat mungkin untuk dicapai asalkan Nias memiliki penerbangan langsung sehingga mempermudah akses para wisatawan baik asing maupun lokal untuk mencapai tempat tersebut. 

Beda dengan Daerah Lain, Driver Ojol di Bali Mesti Wajib Bisa Bahasa Asing

"Ujungnya kalau mau jadi destinasi utama dunia, harus ada bandara internasional. Angka 100 ribu wisman, kalau tidak ada penerbangan langsung dari Jakarta, lupakan saja," Arief saat meluncurkan Festival Ya'Ahowu Nias dan World Surfing League Nias Pro 2018, di Gedung Sapta Pesona, Kementrian Pariwisata RI, Jakarta Pusat.

Menpar lebih lanjut mengatakan, pada 2017 jumlah wisatawan ke Pulau Nias sudah mencapai 40 ribu. Pada 2018 proyeksikan 60 ribu, dan pada 2019 jumlah wisman akan meningkat menjadi 100 ribu. 

Cegah Lonjakan Lalu Lintas Saat Mudik Lebaran, AP II Operasikan East Flyover di Bandara Soetta

Ia optimis target tersebut akan tercapai melihat tingginya jumlah wisatawan yang datang ke Bandara Silangit. Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp200 miliar untuk perpanjangan landasan bandara Binaka agar bisa mendaratkan pesawat berbadan besar.

Bandara Binaka yang awalnya memiliki panjang landasan 1.800 meter saat ini sudah menjadi 2.250 meter, dan menyisakan target sekitar 250 meter lagi untuk mampu mendaratkan pesawat berbadan besar. 

Ribuan pemudik antre masuk ke dalam terminal untuk check in di Bandara Soetta

Mudik Lebaran 2024, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Diprediksi Balik Seperti Sebelum Pandemi

Tahun ini diprediksi pergerakan penumpang pada periode mudik atau angkutan lebaran 2024, mencapai sebelum pandemi.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024