Arifin Putra, Aktor yang Juga Peduli Satwa

Arifin Putra
Sumber :
  • nuvola gloria/VIVAlife

VIVA – Selain sibuk di dunia perfilman, aktor Arifin Putra mengaku punya kesibukan lain yang kini tengah digelutinya terkait lingkungan dan kelestarian alam. Dia bahkan kerap bepergian ke sejumlah provinsi di Tanah Air, demi menjalankan misinya untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga keseimbangan dan keragaman hayati. Beberapa waktu lalu, Arifin mengaku sempat berangkat ke Alor, Nusa Tenggara Timur.

Pengusaha Air Minum Dalam Kemasan Bakal Dikenakan Pungutan Tambahan

"Aku care sama bumi dan semua satwa yang ada di bumi ini. Termasuk sama hewan Dugong lewat DSCP atau Dugong and Seagrass Conservation Project," kata Arifin saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Alasan ketertarikan terhadap salah satu hewan mamalia laut tersebut, pria 31 tahun itu menjelaskan bahwa Dugong merupakan hewan yang keberadaannya sangat berkaitan erat dengan upaya meningkatkan kualitas air.

Bercerita Konservasi Hutan Melalui Kain

"Jadi si Dugong itu yang makan lamunnya dan dia juga yang membantu lamunnya itu menyebar luas. Karena jika tidak ada lamun itu, kualitas air kita jadi menurun, baik suhunya, tingkat keasamannya dan lain-lain," Arifin menjelaskan.

Selain itu, dari proses simbiosis mutualisme antara Dugong dan lamun itu juga bisa menciptakan habitat atau rumah-rumah baru untuk ikan-ikan di sekitarnya.

Melanie Putri Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan Lewat Olahraga Lari

Ke depan, pemain film The Raid 2 itu akan bertolak ke sejumlah wilayah di Kalimantan, guna mencari tahu kondisi orangutan yang habitatnya mulai terganggu akibat invasi bisnis perkebunan, termasuk kelapa sawit.

"Kita ke Alor, Cendrawasih, terus rencananya mau ke Kalimantan yang ada orangutannya, dan mau ada rencana untuk ke Toli-Toli juga," ujarnya.

Paslon nomor 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming di Paku Integritas KPK

Berpihak pada Konservasi Alam, Prabowo-Gibran akan Tegas dan Kolaboratif

 Komandan Tim Komunikasi TKN, Budisatrio Djiwandono menegaskan keberpihakan penuh Prabowo dan Gibran terhadap upaya konservasi alam di Indonesia

img_title
VIVA.co.id
19 Januari 2024