4 Destinasi di Tomohon yang Susah Bikin Move On

Danau Linow, Tomohon, Sulawesi Utara
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agustinus Hari

VIVA Tomohon menjadi salah satu destinasi di Sulawesi Utara yang wajib dikunjungi. Ini, lantaran Tomohon memiliki keindahan alam yang sempurna.

Sentul City, Destinasi Favorit Jalani Aktivitas Ramadhan dan Libur Lebaran

Tidak hanya itu, Kepala Dinas Pariwisata Tomohon, Coreta Louise Kapoyos menyebut, Tomohon sering menjadi pilihan wisata, lantaran lokasinya yang begitu dekat dengan Manado yakni paling lama bisa ditempuh selama satu jam.

"Turis domestik yang datang ke Manado, yang enggak bisa diving, mereka bisa datang ke Tomohon, karena kami punya alam yang cantik, ibaratnya seperti Bandung," kata dia kepada VIVA saat ditemui di Gedung Sapta Pesona, Senin petang, 9 Juli 2018.

Pengalaman Unik Seorang Mualaf saat Pertama Kali Bukber Ramadhan

Untuk pesona alamnya, dia menyebut Tomohon menyajikan pemandangan alam yang cantik seperti pegunungan, danau, hingga air terjun. Berikut ini empat destinasi wisata rekomendasi Coreta yang bisa Anda datangi di Tomohon.

1. Danau Linow

Khazanah: Pertautan Antara Ayat Al-Qur'an tentang 'Gunung Berjalan' dan Fakta Ilmiahnya

Danau vulkanik satu ini punya keunikan yaitu airnya dapat berubah menjadi tiga warna: hijau toska, biru, dan cokelat susu. Perubahan warna ini tidak lain karena tingginya kadar belerang di danau serta pancaran sinar Matahari yang juga punya andil menciptakan warna air danau tersebut.

Di kawasan Danau Linow, Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan Gunung Lokon yang tak kalah indah. Suasana yang hening membuat lokasi ini menjadi tempat yang tepat untuk refreshing.

Di kawasan ini juga dibangun lintasan treking di pinggir danau yang memudahkan pengunjung bersentuhan langsung dengan danau. Danau ini juga dilengkapi dengan kafe sehingga memudahkan para wisatawan untuk mencari santapan.

2. Gunung Lokon

Sebagai salah satu gunung yang masih aktif memuntahkan abu vulkanik, area sekitar Gunung Lokon menjadi lahan yang sangat subur untuk ditanami berbagai macam sayuran, bunga, dan buah-buahan. Hamparan perkebunan milik warga akan menjadi hiburan tersendiri bagi para pendaki yang tengah menyusuri kaki Gunung Lokon.

Gunung Lokon juga memiliki kawah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki. Jalur pendakian menuju kawah tidak terlalu sulit, membuat gunung ini menjadi lokasi favorit para pendaki.

3. Gunung Mahawu

Gunung ini tidak kalah indah dengan Gunung Lokon, lokasi ini juga menjadi favorit wisatawan asing untuk hiking. Di sini Anda akan menemukan hamparan perkebunan sayur milik warga setempat. Selain itu, udara yang segar membuat gunung ini cocok untuk Anda melepaskan penat rutinitas pekerjaan.

Di beberapa titik, bahkan pesona Danau Tondano nampak jelas tak terhalang apa pun. Perjalanan ke puncak juga tidak butuh waktu lama yaitu sekitar 1 jam.

4. Bukit Doa

Bukit doa ini menjadi salah satu destinasi yang populer lantaran lokasinya yang dipenuhi oleh berbagai bunga dengan latar belakang Gunung Lokon. Karena keindahannya membuat bukit doa ini sebagai lokasi untuk foto prewedding, lokasi pemberkatan nikah hingga lokasi outbound.

Terdapat kapel unik modern bernama Chapel of Mother Mary di bukit ini yang biasa dijadikan sebagai tempat foto prewedding, karena bentuknya yang unik. Bangunan unik lainnya adalah Amphitheatre yang cukup besar dengan kapasitas sekitar 1.500 orang

Amphiteater ini sangat direkomendasikan jika dipakai sebagai tempat khotbah outdoor, untuk kegiatan gathering, pertunjukan seni atau retreat Kristiani.

Tempat lain di bukit ini adalah jalan salib (tempat ini juga dikenal sebagai Jalan Salib Mahawu). Jalan salib di Bukit Doa Tomohon cukup ramah bagi segala usia dengan rute yang tidak terlalu menantang fisik seperti kebanyakan rute jalan salib di tempat lain.

Terdapat 14 lokasi perhentian yang akan ditemui dan banyak tersebar patung di setiap perhentiannya seperti patung Pieta; patung klasik yang menggambarkan tubuh Yesus yang telah wafat di pangkuan Bunda Maria.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya