Logo ABC

Turis Ramai Kunjungi Kota Hantu di Australia Ini

Meski sudah ada papa peringatan bahaya Asbestos di seluruh Kota Wittenoom, pelancong yang penasaran masih tetap berkunjung ke kota ini.
Meski sudah ada papa peringatan bahaya Asbestos di seluruh Kota Wittenoom, pelancong yang penasaran masih tetap berkunjung ke kota ini.
Sumber :
  • abc

Kota Wittenoom telah digambarkan sebagai salah satu tempat paling berbahaya dan terkontaminasi di planet bumi. Namun kemasyhuran itu justru telah menjadi daya tarik wisata bagi Wittenoom, sebuah kota bekas tambang asbes yang beracun, yang letaknya jauh di daerah terpencil di Pilbara, Australia Barat (WA).

Sekitar 20.000 orang pernah tinggal di sana pada masa kejayaannya sepanjang tahun 1930-an hingga 1966, untuk mengangkut asbes biru yang mematikan.

Lebih dari 2.000 kematian telah dikaitkan dengan kegiatan penambangan di Wittenoom dan seluruh kota ini adalah tempat yang terkontaminasi.

Tetapi meskipun papan peringatan besar dan terlihat jelas bertebaran di seluruh kota yang memperingatkan bahaya serius bagi kehidupan manusia, ribuan pelancong yang ingin tahu tetap berkunjung setiap tahun.

Pemerintah lokal mengatakan pihaknya telah menerima laporan beberapa operator pariwisata di Australia Barat (WA) bahkan menawarkan kunjungan yang dipandu.

"Kami baru saja mendengar tentang selentingan di Pilbara bahwa ada kelompok wisatawan yang pergi ke sana," kata Direktur pemerintah lokal Ashburton, Rob Paull.

"Mungkin mereka mengira itu adalah wisata petualangan atau sepanjang garis itu, tapi kami ingin memastikan semua orang sadar ada bahaya yang signifikan bagi diri mereka sendiri, keluarga mereka, dan teman-teman mereka jika mereka pergi ke Wittenoom."

pakaian keselamatan di Wittenoom Reporter ABC Melanie Garrick harus memakai pakaian respirator dan perlindngan ketika dia mengunjungi Wittenoom untuk serangkaian laporan pada tahun 2016.