Dua Ekor Harimau Benggala Lahir di Medan Zoo

Ilustrasi Harimau Benggala
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

VIVA – Harimau Benggala betina, yang bermukim di Taman Marga Satwa, Medan Zoo, melahirkan dua ekor bayi harimau dengan sebutan bahasa latinnya Panthera Tigris Bengalensis. Kini, koleksi Harimau Benggala di Medan Zoo berjumlah tujuh ekor.

Aviary Park Indonesia, Kebun Binatang Mini Resmi Dibuka di Tangerang Selatan

"Dua ekor bayi Harimau Benggala lahir pada Hari Kamis subuh, 12 Juli 2018, sekitar pukul 05.00 WIB," ucap Dokter Hewan Medan Zoo, Drh. Sucitrawan saat dikonfirmasi VIVA, Jumat sore, 13 Juli 2018.

Sucitrawan mengatakan, pihak manajemen Medan Zoo tidak tahu ketika induk betina Harimau Benggala melahirkan. Namun, dokter sudah melakukan perawatan medis saat harimau bernama Wesa itu mengandung.

Gandeng Taman Safari, Bobby Nasution Bakal Revitalisasi Medan Zoo

"Jadi sekarang total Harimau Benggala di Medan Zoo berjumlah tujuh ekor saat ini. Tapi, kita belum bisa mengidentifikasi jenis kelamin kedua bayi Harimau itu. Karena, kalau kita dekati tidak mau menyusui pada induknya. Kita pantau saja dari luar kandang," jelasnya.

Ia menambahkan, saat ini dokter hewan Medan Zoo membiarkan dahulu induk Harimau Benggala untuk mengurusi kedua bayinya. Namun, Wesa diberikan vitamin agar produksi ASI-nya lebih baik untuk menyusui kedua bayinya.

Pevita Pearce Akhirnya Bertemu 'Kembaran', Seorang Petugas Kebun Binatang yang Sempt Viral

"Untuk per harinya lima sampai enam ekor ayam hidup. Namun, juga kita campur dengan daging sapi untuk pasokan makanan sehari-harinya," tutur Sucitrawan.

Kedua bayi Harimau Benggala itu punya warna corak dasar kuning dan  putih. Belum ada penampakan bayi harimau tersebut, sebab dikhawatirkan, memicu stres induknya.

"Untuk saat ini, jangan dulu lah difoto, tapi pekan depan sudah bisa. Kita takut induknya tidak mau nyusui bayinya itu. Sabar ya, teman-teman media," kata Sucitrawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya