Robot Bandara Ini Bakal Mengangkut Koper Anda Sepanjang Bandara

Robot Care-E dari KLM Royal Dutch Airlines
Sumber :
  • Courtesy KLM Royal Dutch Airlines

VIVA – Troli bandara menjadi salah satu benda untuk memudahkan penumpang membawa barang bawaannya. Meski begitu Anda harus mendorong troli bandara itu sepanjang perjalanan di bandara. 

Terekam Petugas Bandara Ini Curi Uang Penumpang dan Menelannya

Tapi, kini Anda tidak perlu repot mendorong troli. Sebab maskapai asal Belanda KLM Royal Dutch Airlines telah merancang robot baru untuk membantu Anda.

Robot bernama Care-E itu nantinya akan membantu membawakan tas dan berjalan di samping Anda sepanjang perjalanan di bandara. Tidak hanya itu saja, Care-E juga dapat membantu Anda menemukan pintu penerbangan yang tepat, bahkan ia mengetahui jika terjadi perubahaan gate keberangkatan, dan mengarahkan Anda dan barang bawaan Anda. 

Dukung Operasional Bandara, Mas Dhito Siap Jalin Komunikasi dengan Pemda Sekitar

Dilansir dari laman Travelandleisure, robot ini juga dapat berkomunikasi dengan berbagai bahasa, dan bahkan dapat berinteraksi non verbal melalui layar tampilan LED. Robot-robot itu dilaporkan ditempatkan di pos pemeriksaan keamanan, di mana mereka dapat memindai boarding pass untuk melihat rincian penerbangan Anda. 

Isi e-CD Lebih Awal, Pelayanan Bea Cukai Semakin Optimal

Robot ini pun dilengkapi dengan kamera yang dipasang di tubuh Care-E untuk memastikan robot tidak berpindah ke penumpang lain. Care-E ini akan menjalani uji coba di Bandara Internasional San Francisco pada bulan Juli, dan Bandara John F. Kennedy di New York City pada bulan Agustus. 

Kedua uji coba dijadwalkan berlangsung selama dua hari. Namun, belum ada rencana untuk Care-E untuk diluncurkan secara nasional.

Bandara Internasional Minangkabau, Sumbar

Bandara Internasional Minangkabau Ditutup Sementara, 29 Penerbangan Terdampak

Kementerian Perhubungan (melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, menginstruksikan penutupan sementara Bandara Internasional Minangkabau Padang.

img_title
VIVA.co.id
5 Januari 2024