4 Etika yang Harus Dijaga Ketika Menginap di Hotel Kapsul

Hotel Kapsul
Sumber :
  • VIVA/ Isra Berlian

VIVA – Penginapan menjadi salah satu hal yang harus dipikirkan ketika berlibur. Sebab penginapan menjadi salah satu komponen yang cukup menguras anggaran selain tiket pesawat. Untuk mengantipasinya, tidak sedikit dari traveler memilih penginapan murah, salah satunya adalah hotel kapsul.

Demi Pasar, Hotel Kapsul Berbasis IoT di Jakarta Ganti Nama

Hotel kapsul belakangan menjadi pilihan para wisatawan lantaran harganya yang relatif murah dibandingkan hostel, atau hotel bintang dua atau tiga.

Harga yang ditawarkan memang relatif murah lantaran hotel dengan tipe ini memiliki desain kamar dalam bentuk kapsul bertumpuk, sehingga dapat memuat banyak orang di dalam satu ruangan.

5 Rekomendasi Hotel Kapsul di Jakarta, Akomodasi Modern dengan Sentuhan Praktis

Tidak hanya di Jepang hotel dengan desain unik ini pun telah menjamur ke beberapa negara di Eropa hingga Asia Tenggara seperti Indonesia. Meski terbilang murah, Anda harus menjaga etika karena Anda akan menginap dengan banyak orang di dalam satu ruangan.

5 Hotel Kapsul di Bandung, Cocok untuk Backpacker

General Manager sekaligus Pemilik Kini Luxury Capsule, Miranda Haryanto, pun menjelaskan ada beberapa etika yang harus dijaga oleh para tamu ketika memilih hotel kapsul sebagai tempat menginapnya.

1. Harus memahami bahwa Anda menginap bersama dengan beberapa orang lain, oleh karenanya penting untuk menjaga prilaku Anda terutama ketika memakai fasilitas hotel.

Seperti di Kini Luxury Capsul terdapat mainan papan sepak bola yang bisa dimainkan oleh beberapa orang. Anda harus tahu waktu untuk menggunakannya atau bergantian dengan tamu yang lain.

2. Menjaga privasi satu sama lain. Sebagai contoh tidak menelepon dengan orang lain di dalam kapsul Anda. Anda bisa menelepon orang di area umum agar mereka tidak merasa terganggu dengan suara Anda.

Loker hotel kapsul Kini Luxury Capsule

Contoh lainnya adalah tidak membereskan koper di area kapsul. Karena pasti ketika membuka atau menutup resleting atau gerakan membereskan pakaian akan menimbulkan bunyi sehingga ditakutkan menggangu orang lain.

"Makanya kami sediakan ruang loker di luar," kata dia.

3. Manajemen waktu juga penting terutama ketika menggunakan fasilitas bersama yang digunakan tamu lain, seperti kamar mandi. Seperti jangan terlalu lama mandi sehingga membuat tamu lain menunggu. 

4. Tidak meninggalkan barang berharga di dalam kapsul ketika hendak pergi, karena tidak semua hotel kapsul aman. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya