Di Sini, Lokasi Banjir Disulap Jadi Tempat Wisata Instagramable

Kampung Markisa
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Wilayah Kota Tangerang kini kembali hadir dengan destinasi barunya, yakni Kampung Markisa. Kampung Markisa yang terdapat di Jalan KS. Tubun, Pasar Baru, Karawaci, Tangerang ini patut dikunjungi sebagai salah satu lokasi berfoto dan belajar berkebun secara gratis.
 
Wisata Kampung Markisa ini disulap dalam jangka waktu satu tahun sebagai lokasi berswafoto dengan pilihan mural bernuansa Asian Games dan perkebunan. Sebelumnya, lokasi wisata yang berada di pinggir jalan ini merupakan langganan banjir bertahun-tahun lamanya.

Poze x Mario Photographie, Bikin Pose Kamu Bak Seleb Hollywood

"Sebelumnya, saya ingat sekali ini adalah lokasi langganan banjir, mau hujannya deras atau cuma gerimis, pasti tempat ini banjir. Namun, sekarang saya apresiasi kreativitas warga yang langsung mengubah lokasi ini jadi tempat wisata yang bersih dan nyaman," kata Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah saat meresmikan wisata baru tersebut, Minggu, 22 Juli 2018.

Ketika para pengunjung masuk, mereka akan disambut dengan ratusan mural cantik bertemakan ikon-ikon Asian Games serta lukisan dengan tema perkebunan sepanjang jalan. Selanjutnya, para pengunjung juga langsung diarahkan ke lokasi perkebunan Markisa dan tanaman organik, di mana pengunjung juga bisa belajar menanam atau berkebun ataupun dapat mencicipi hasil perkebunan.

Akhir Tahun 2019, Tangerang Bakal 'Dilanda' Musim Salju

Kampung Markisa

Lelah berfoto dan berkebun, wisatawan bisa mengunjungi lokasi kuliner yang disediakan di lokasi setempat. Dari makanan khas Tangerang sampai makanan kekinian hadir untuk memanjakan lidah para pengunjung.

Empat Gaya Wisata Ini Akan Jadi Tren Sepanjang 2019

"Kulinernya ada banyak, ada khas Tangerang, seperti laksa, dodol ataupun makanan kekinian yang saya coba tadi, yakni es manohara dan miredagi," ujarnya.

Di sela kunjungan dan peresmian lokasi tersebut, Arief pun berharap nantinya ada peningkatan terhadap wisatawan baik lokal ataupun mancanegara agar mengangkat kearifan budaya lokal yang lebih dikenal di kancah internasional.

Sementara, Tyo, salah seorang pengunjung lokal mengatakan, untuk wisata baru tersebut sangat bermanfaat. Sebab, tidak hanya sebagai tempat berfoto, namun juga bisa sebagai lokasi mengedukasi.

Kampung Markisa

"Saya tahu lokasi ini dari Instagram, katanya bagus dan baru akan diresmikan. Jadi, ya saya datang sama rekan dari Tangerang juga. Kesan pertama masuk ke sini itu keren karena mural Asian Games-nya, tadi sempat foto-foto dulu sebelum berkebun. Bagus ini, jadi wisatanya bukan cuma foto-foto saja, bisa belajar juga," tuturnya.

Untuk menuju ke lokasi cukup mudah bisa menggunakan kendaraan pribadi dan umum dengan penunjuk arah RS Hermina Tangerang, para pengunjung nantinya dapat berjalan menuju lokasi sejauh 5 meter. Namun, untuk yang membawa kendaraan disarankan dahulu untuk mencari lokasi parkir sebelum masuk ke Kampung Markisa.

Bila membawa kendaraan, masyarakat akan dikenakan tarif mulai dari Rp2.000 hingga Rp5.000 dan gratis untuk lokasi masuk sampai menikmati suasana Asian Games dan berkebun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya