LRT Palembang Lewati Beberapa Destinasi Wisata Palembang

Light Rail Transit (LRT) di Palembang sudah beroperasi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

VIVA – Asian Games 2018 akan digelar di kota Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus 2018 sampai 2 September 2018. Sejumlah fasilitas penunjang untuk pelaksanaan Asian Games sudah selesai dibangun termasuk light rail trasit (LRT) Palembang.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

LRT Palembang sudah mulai beroperasi terbatas sejak 23 Juli 2018. LRT sepanjang 23,4 kilometer ini menghubungkan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II menuju kawasan olahraga Jakabaring Palembang.

LRT ini akan menjadi sarana transportasi para atlet dan wisatawan yang datang ke Palembang. LRT Palembang melewati beberapa destinasi wisata di ibu kota Provinsi Sumatera Selatan.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin mengatakan, LRT itu akan melewati 13 stasiun, empat di antaranya melewati mal dengan skybridge. Sepanjang perjalanan dari bandara menuju Jakabaring Sport City, kata dia, para atlet ataupun wisatawan yang menggunakan LRT akan melewati beberapa ikon wisata seperti Pasar Cende, yang bernilai sejarah bagi masyarakat Palembang. Ada juga Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak, dan Sungai Musi Palembang.

Light Rail Transit (LRT) di Palembang.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

"Satu-satunya LRT yang melewati sungai, itu saja sudah perjalanan wisata," katanya saat ditemui di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Senin 30 Juli 2018.

Tarif LRT ini, kata Alex, pun cukup terjangkau bagi para wisatawan atau atlet, yakni sebesar Rp5 ribu per stasiun. Untuk biaya yang dikeluarkan dari Bandara hingga Jakabaring Sport City adalah Rp10 ribu rupiah. 

Harga yang dikeluarkan itu pun sebanding dengan fasilitas yang ditawarkan untuk penumpang. Beberapa diantaranya adalah AC dan free wi-fi.

Alex menerangkan LRT ini pun bisa menjadi solusi untuk mengatasi kemacaten yang telah terjadi sekarang ini, dan mempercepat waktu perjalanan. Sebab jarak tempuh dari Bandara ke Jakabaring kurang lebih selama 30 menit.

"Dari bandara ke Jakabaring kalau lewat jalan raya 45 menit. Mungkin dengan LRT hanya 30 menit. Dia akan bolak balik setiap beberapa menit," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya