Wisata Seru untuk Keluarga di Tengah Hutan Pinus Lembang

Orchid Forest
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

VIVA – Bandung rasanya tidak pernah habis menawarkan berbagai destinasi wisata menarik. Kini, satu lagi destinasi kekinian yang hadir di Lembang, Bandung Barat, yakni Orchid Forest.

Ekspor Perdana, 114 Bunga Anggrek Asal Malang Tembus Pasar Taiwan

Destinasi wisata yang dikemas sebagai One Stop Family Adventure ini tak hanya sekadar menawarkan pemandangan asri dengan udara sejuk di tengah hutan pinus, tapi juga terdapat berbagai aktivitas alam yang tak membuat bosan. Terlebih, di era media sosial sekarang Orchid Forest menyediakan berbagai latar menarik yang sangat Instragamable.

Orchid Forest dapat dicapai dengan waktu kurang lebih 3,5 jam perjalanan dari Jakarta via Tol Cipali. Letaknya ada di Jalan Tangkuban Perahu kilometer (KM) 8, Cikole, Lembang. Berada di ketinggian 1400 meter di atas permukaan laut, suhu Orchid Forest mencapai 17-20 derajat celsius.

Makan Korban Jiwa, Begini Kronologi Jembatan Kaca The Geong Banyumas Pecah

Tak heran, sapuan udara dingin akan langsung menyambut Anda ketika memasuki area wisata di tengah hutan pinus Tangkuban Perahu ini. Jajaran pohon pinus yang tinggi menjulang dengan selimut kabut membuat suasana di Orchid Forest begitu sendu.

Orchid Forest

Pelestarian Budaya Lewat Busana, Ivan Gunawan Kenalkan Bunga Anggrek Sorume Melalui Koleksi Terbaru

Tapi, kesenduan itu akan berubah cerah dengan kehadiran warna-warni bunga anggrek. Sesuai namanya, Orchid Forest menjadi rumah bagi 20 ribu dari 150 jenis anggrek di Indonesia. Dengan luas mencapai 14 hektare (ha), tak heran jika tempat ini disebut sebagai rumah anggrek terluas di Indonesia.

"Kami buka pukul 08.00-19.00 di weekend, dan jam 09.00-18.00 di weekdays," ujar Marketing Executive Orchid Forest Nexa Paisan kepada VIVA di Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Tak hanya sekadar melihat-lihat anggrek, di sini juga disediakan macam-macam atraksi seperti flying fox dan hanging rope, menunggang kuda, serta rabbit house di mana Anda bisa bermain sepuasnya bersama kelinci sambil memberi makan. Tapi, perlu dicatat bahwa setiap wahana Anda akan ditarik biaya mulai Rp20 ribu.

Bagi yang hobi berswafoto, Orchid Forest juga memiliki beragam spot foto yang dijamin memberikan hasil foto yang Instagramable. Di antaranya ada Wooden Bridge berupa jembatan gantung sepanjang 100 meter, dan Garden of Lights yang memberikan latar hamparan lampu cantik yang juga menjadi spot favorit untuk berfoto.

Orchid Forest

"Di sini juga akan ada zipline sepanjang 500 meter yang baru kita buka pada saat soft launching di bulan September," kata Nexa.

Untuk masuk ke dalam Orchid Forest, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp30 ribu ditambah dengan biaya asuransi sebesar Rp5.000. Meski luas dan berada di tengah hutan pinus, tapi di sini disediakan trek yang nyaman dan shuttle yang akan memgantar Anda kembali ke pintu masuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya