Tiket Penerbangan Kuala Lumpur-Silangit Hanya Rp100 Ribu

Peluncuran penerbangan AirAsia Kuala Lumpur-Silangit
Sumber :
  • VIVA/Fikri Halim

VIVA – Air Asia meluncurkan penerbangan langsung empat kali seminggu dari Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia ke Bandara Silangit di Tapanuli, Sumatera Utara, Indonesia.  Penerbangan perdana akan dilakukan pada 28 Oktober 2018, namun pembelian tiket sudah bisa dipesan sejak awal. 

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Pengumuman rute baru tersebut  dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Pramintohadi Sukarno, dan juga Staf Khusus Menteri Bidang Pariwisata Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Judi Rifajantoro. 

CEO Grup AirAsia, Tony Fernandes, mengaku memiliki kesan tersendiri saat melihat langsung Bandara Silangit. Menurutnya, Bandara Silangit bisa menjadi destinasi utama dunia apalagi Sumatera Utara memiliki destinasi wisata yang indah yaitu Danau Toba

Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia, Intip Perjalanan Bisnis Mustika Ratu

"Saya selalu mengatakan bahwa Indonesia bukan hanya Bali. Layanan baru kami dari Kuala Lumpur ke Silangit adalah bagian dari komitmen kami untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam mengembangkan 10 tujuan wisata prioritas, termasuk Danau Toba," kata Tony di Hotel Kempinksi, Jakarta, Kamis 2 Agustus 2018. 

Ia melanjutkan, Bandara Silangit merupakan pintu gerbang utama menuju Danau Toba, yang merupakan danau vulkanik terbesar di Asia dan salah satu danau terindah di dunia.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Dia juga menambahkan, sudah sejak lama pihaknya ingin membawa wisatawan dari seluruh dunia untuk mengunjungi Danau Toba melalui Kuala Lumpur.  Tony mengapresiasi upaya pemerintah Indonesia yang telah membangun infrastruktur yang baik guna meningkatkan kunjungan wisatawan. 

"Sebelum adanya Silangit, wisatawan yang ingin mengunjungi Danau Toba harus menempuh jalan darat selama enam jam dari Medan. Sekarang, mereka dapat terbang langsung ke Silangit dan mencapai Danau Toba hanya dalam satu jam," katanya. 

Meningkatkan wisatawan ke Danau Toba

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, menyambut baik peluncuran rute baru tersebut. Ia yakin layanan baru ini akan meningkatkan kedatangan wisatawan ke Danau Toba, yang telah dinyatakan sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas Indonesia.

"Kami juga sedang meningkatkan fasilitas di Bandara Silangit, dan memperpanjang landasan dari 2.650 meter menjadi 3.000 meter. Kami juga memperluas apron, dan bangunan terminal untuk mengakomodasi lebih banyak pesawat dan penumpang. Kami harap rute baru ini akan bermanfaat bagi ekonomi dan komunitas lokal," kata Luhut. 

Sebagai informasi, AirAsia menawarkan harga khusus dari Silangit ke Kuala Lumpur atau sebaliknya mulai dari Rp100 ribu. Tarif ini tersedia untuk pemesanan di airasia.com, dan aplikasimobile AirAsia dari 2 Agustus hingga 12 Agustus 2018 untuk periode perjalanan dari 28 Oktober 2018 hingga 29 Maret 2019. Anggota AirAsia BIG akan menikmati biaya pemrosesan gratis ketika melakukan pembayaran menggunakan kartu BigPay.

Untuk diketahui, selain ke Silangit, AirAsia juga terbang ke lima belas tujuan lain di Indonesia, yaitu Jakarta, Lombok, Pekanbaru, Surabaya, Bali, Medan, Padang, Semarang, Banda Aceh, Pontianak, Yogyakarta, Palembang, Bandung, Makassar dan Solo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya