Asian Games Jadi Momen Promosi Destinasi Wisata RI

Suasana pembukaan Asian Games 2018
Sumber :
  • REUTERS/Cathal Mcnaughton

VIVA – Kementerian Pariwisata terus berupaya mempromosikan sejumlah destinasi wisata di Indonesia. Momen perhelatan olahraga Asian Games di Jakarta dan Palembang jadi kesempatan berharga untuk mempromosikan.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan pemerintah merasa bangga karena Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Asian Games ke-18. Menurut Arief, event Asian Games kali ini mendatangkan sekitar 12.000 atlet dan 5000 ofisial atlet dari 45 negara.

Momen ini menjadi upaya untuk mempromosikan destinasi wisata dengan menyiapkan 75 paket wisata di tujuh daerah unggulan, yaitu Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Yogayakarta, Banyuwangi, dan Bali.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

“Terdapat 75 paket wisata yang ditawarkan. Kira-kira 20 persen wisman akan membeli bundling tiket antara pariwisata dan olahraga, atau sekitar 30.000 wisman. 80 Persen go show ketika mereka sudah datang ke Indonesia baru membeli paket wisata,” kata Arief Yahya dalam keterangannya yang diterima VIVA, Sabtu, 18 Agustus 2018.

Ia memperkirakan, Asian Games 2018 akan menyedot sekitar 150.000 turis atau wisatawan mancanegara. Dengan total pengeluaran dari pengunjung mencapai Rp3,6 triliun. "Jumlah penonton terbesar berasal jadi China, Singapura dan Malaysia," ujarnya.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Dijelaskan Arief, pihaknya sudah mensosialisasikan 75 paket wisata di tujuh destinasi unggulan tersebut sejak tahun 2017. Lalu, ia berharap kegiatan Asian Games kali ini dapat mendongkrak jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke di Indonesia.

Event-nya sendiri akan banyak menyedot penonton saat final sepak bola. Penggemar sepak bola dari negara peserta yang masuk final akan berbondong-bondong datang ke Jakarta,” katanya.

Selain mempromosikan paket wisata kepada turis mancanegara, lanjut Arief, pihaknya juga telah menyiapkan upaya branding Wonderful Indonesia selama pelaksanaan Asian Games.

“Kita siapkan branding Wonderful Indonesia, selama Asian Games berlangsung semua bus yang ada logo Wonderful Indonesia, ada atau tidak ada penumpang tetap keliling kota” sebut Arief.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya