5 Spot Arung Jeram Terbaik Sekaligus Menantang di Indonesia

Rafting
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Dalam beberapa tahun belakangan, wisata bernuansa petualangan yang menantang adrenalin kian diminati oleh masyarakat Indonesia. Bagi sebagian besar penikmatnya, wisata yang menantang adrenalin seperti candu yang membuat ketagihan. Mereka tak cukup hanya menjajal di satu tempat.

Sejuta Pesona Keindahan di Kejuaraan Arung Jeram Lareh Sago Halaban

Nah, bagi pencinta arung jeram atau juga dikenal dengan rafting, Indonesia memiliki segudang spot menantang untuk aktivitas ini. Penasaran di mana saja spot rafting terbaik di Indonesia? Berikut ini beberapa yang berhasil dirangkum VIVA.

1. Sungai Lamandau, Kalimantan Tengah

Sensasi Arung Jeram dari Aek Silang Hingga Danau Toba
Ketahui 5 Hal Berikut Sebelum Olahraga Rafting

Dikenal dengan sungainya yang panjang dan juga besar, Kalimantan adalah salah satu rumah bagi para  pencinta arung jeram. Salah satu sungai yang harus dijajal ialah sungai Lamandau di propinsi Kalimantan Tengah.

Di spot ini para pencinta rafting akan mendapatkan pengalaman menantang yang berbeda. Tempat rafting terbaik biasa dilakukan di Sungai Lamandau via desa Riam Tinggi, kecamatan Delang, kabupaten Lamandau. Pemandangan yang disajikan ketika melakukan rafting di sungai Lamandau ini juga sangat indah. Jadi selain memuaskan rasa haus akan adrenalin, juga dimanjakan dengan pemandangan indah. 

2. Sungai Citarik, Sukabumi, Jawa Barat

Rafting di Sungai Citarik.

Bicara soal rafting, rasanya tak lengkap jika tidak memasukkan Citarik di dalam daftarnya. Dengan udara yang segar dan pemandangan yang indah, Citarik bisa jadi salah satu spot rafting terbaik di Indonesia.

Sungai ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi dan debit air yang cukup. Tentunya sungai ini sangat cocok bagi mereka yang suka bertualang. Bagi yang tidak sabar, langsung saja kunjungi Sungai Citarik yang berlokasi di Taman Nasional Gunung Halimun. 

3. Sungai Pekalen, Probolinggo, Jawa Timur

Rafting di Sungai Pekalen Atas.

Bagi yang kebetulan berada di Jawa Timur, Sungai Pekalen wajib banget masuk daftar destinasi bagi pecinta rafting. Tempat wisata yang satu ini berjarak sekitar 125 kilometer atau sekitar dua jam perjalanan dari Surabaya.

Dengan dua jalur yang berbeda, Sungai Pakelan memberikan pilihan bagi pemula dan juga profesional. Untuk para profesional direkomendasikan untuk menjajal jalur Pakelan atas, karena memiliki arus yang lebih deras dan juga ekstrem. Sedangkan Pakelan bawah, dengan arus yang lebih stabil lebih direkomendasikan untuk pemula. 

4. Sungai Nimanga – Timbukar, Kecamatan Sonder, Sulawesi Utara

Berada di desa Timbukar, Minahasa, Sulawesi Utara, Sungai Nimangan bisa dicapai dengan 30 menit dari kota Manado. Sungai ini memiliki tingkat kesulitan dengan tingkat 3 sehingga cocok buat kamu yang menyukai arung jeram dengan arus deras.

Jalur yang ditawarkan sendiri memiliki rute sepanjang 12 kilometer. Paling tidak butuh waktu 2,5 jam untuk bisa menyelesaikannya.

5. Sungai Telaga Waja Karangasem Bali

Salah satu Sungai terpopuler di Bali untuk tempat rafting adalah sungai Telaga Waja Karangasem. Dengan trek rafting terpanjang, bahkan sungai Telaga Waja Karangasem menjadi incaran para wisatawan mancanegara

Untuk mengarungi sungai Telaga Waja memerlukan waktu sekitar 2,5 jam. Bagi yang ingin pengalaman menantang, sebaiknya datang di musim kemarau. Ini karena sungai Telaga Waja Karangasem menawarkan arus sungai yang cukup deras. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya