3 Trik Cegah Kantong Bolong saat Traveling

Ilustrasi mindfulness dan Traveling bersama teman
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Bepergian atau traveling dapat memperkaya jiwa dan pengalaman. Tetapi, tak sedikit yang terhalang untuk traveling karena alasan minim bujet atau biaya terbatas.

Mengintip Keindahan Alam Malang: Air Terjun, Gunung, dan Pantai

Kemajuan teknologi membuat layanan pemesanan untuk perjalanan dan gaya hidup begitu mudah untuk dilakukan. Apalagi, dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, kita dapat lebih bebas dalam merencanakan perjalanan dengan harga yang lebih terjangkau.

Berikut trik memperketat bujet untuk traveling, dikutip dari siaran pers Traveloka, yang diterima VIVA, Kamis, 23 Agustus 2018.

6 Tips untuk Liburan yang Lebih Lancar saat ke Korea Selatan

1. Pilihan moda transportasi tepat

Pilihan transportasi beragam, mulai dari pesawat, kereta api, maupun bus. Setelah menentukan transportasi, pengguna juga seringkali dihadapkan dengan pilihan akomodasi yang semakin bervariasi. Mulai dari hotel, homestay, guest house, villa, resort dan lain-lain.

Membaca Pergerakan Warga saat Mudik Lebaran

Kemudahan dan kebebasan menentukan transportasi dan akomodasi untuk berpergian semakin terasa dengan adanya teknologi dan hadirnya aplikasi penyedia jasa booking.

Menurut data dari Inventure (2017), setidaknya 65.77 persen konsumen saat ini lebih memilih melakukan pemesanan lewat aplikasi.

2. Pilihan hotel bujet dan maskapai murah

Kini kian menjamur jumlah hotel bujet dan maskapai penerbangan bertarif rendah (Low Cost Carrier/LCC) sehingga bisa menjadi penyesuaian anggaran yang tepat. Data Centre for Aviation (2012), menunjukkan bahwa maskapai LCC menduduki posisi paling pertama dengan peningkatan hampir 30 juta.

Tidak hanya maskapai pesawat, perkembangan hotel bujet pun semakin menjamur. Data dari Inventure (2017) menunjukkan, jumlah hotel bujet telah melampaui hotel bintang 4 dan 5, di mana jumlahnya hampir mencapai 50 persen pada tahun 2018 dan diprediksi akan terus meningkat di tahun 2019.

Untuk membantu traveler mengatur perjalanan tanpa khawatir dengan anggaran, konsumen dapat menggunakan fitur unggulan dari penyedia platform booking seperti Traveloka yang menyediakan fitur Price Alert, guna mendapatkan notifikasi instan saat harga tiket sesuai bujet, sehingga Anda dapat pesan penerbangan di waktu yang tepat.

Begitu Anda memasukkan batasan harga untuk sebuah penerbangan, Anda akan memperoleh pemberitahuan jika ada tiket pesawat dengan harga yang sesuai anggaran.

3. Rencana perjalanan (itinerary)

Coba sejenak kita kembali kepada waktu lima hingga 10 tahun lalu, di mana menentukan perjalanan belum semudah saat ini. Untuk mengatur perjalanan (membeli tiket transportasi dan akomodasi), masih menggunakan cara konvensional dan rencana perjalanan telah diatur oleh biro perjalanan.

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan pertumbuhan penggunaan smartphone yang pesat, pengguna semakin dimanjakan dengan adanya aplikasi yang memudahkan proses pemesanan tiket perjalanan, bahkan hingga kebutuhan penunjang kehidupan sehari-hari.

Pergeseran konsumsi masyarakat dari goods ke experience menunjukkan bahwa peran teknologi memiliki dampak yang signifikan dalam hal mengubah pola konsumsi masyarakat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya