5 Siasat Agar Koper Lebih Ringan saat Bepergian

Ilustrasi koper.
Sumber :
  • Pixabay/ImageBG

VIVA – Bepergian apalagi ke lebih dari satu tempat dan lama, seringkali membuat orang terpaksa membawa banyak barang, yang efeknya adalah tak nyaman jika harus berpindah-pindah tempat.

6 Tips untuk Liburan yang Lebih Lancar saat ke Korea Selatan

Padahal, sangat mungkin untuk bepergian tanpa barang bawaan dalam jumlah banyak. Bahkan, penulis National Geographic yang bepergian selama enam minggu bisa melakukannya tanpa membawa koper. Dia hanya menggunakan rompi multi fungsi yang bisa memuat barang yang dibutuhkan.

Sebenarnya, alasan membawa sedikit mungkin barang saat bepergian adalah untuk meminimalisasi waktu tunggu di bagian pengambilan bagasi, lebih hemat biaya bagasi, dan bisa lebih nyaman melenggang ketika turun dari pesawat dan mencari penginapan. Tentu saja hal ini penting jika bepergian dengan konsep backpacker.

Liburan ke Asia Tenggara dan Australia Pakai Tiket Diskon, Cek di Sini! 

Perlu bantuan untuk bisa berkemas dengan sesederhana mungkin, ini tipsnya, dilansir dari Traveller, Kamis, 23 Agustus 2018.

Hindari menit terakhir

Transformasi Pengalaman Traveling: Kolaborasi Garuda Indonesia dan UOB dalam Lifestyle & Pariwisata

Ada alasan banyak orang tidak bisa mengemas koper seringan mungkin. Ini karena untuk mengemas seringan mungkin memang memerlukan pemikiran dan usaha lebih.

Kebiasaan mengemas pakaian semalam sebelum keberangkatan akan jadi hal yang lebih melelahkan. Untuk itu, mulailah berkemas dan setidaknya pikirkan apa yang akan dibawa beberapa hari sebelum berangkat.

Jangan gulung

Menggulung pakaian selama ini dianggap sebagai solusi paling mudah untuk berkemas. Tapi itu juga masalahnya, semakin banyak barang yang digulung, akan semakin berat. Jika benar-benar ingin bepergian tanpa koper, kemas barang-barang secara biasa dan biarkan ada ruang udara di antara barang.

Beli oleh-oleh yang ringan

Carilah benda-benda yang ringan untuk dibawa pulang sebagai buah tangan. Bisa juga cari suvenir yang berukuran mungil, seperti magnet atau gantungan kunci. Bisa juga buat anggaran untuk mengirimkan barang-barang yang dibeli.

Manfaatkan teknologi

Ponsel pintar punya manfaat lebih banyak dari yang diduga. Misalnya saja, tak perlu membawa buku panduan perjalanan, karena semua bisa ditemukan secara online. Begitupun dengan peta, novel. Karena setiap negara memiliki standar setop kontak yang berbeda, tak perlu membawanya Jika berat. Beli saja di negara tujuan.

Minimalisasi perlengkapan mandi

Beli saja botol kecil untuk menempatkan sampo dan sabun. Bisa juga manfaatkan sabun dan sampo yang disediakan hotel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya