Nikmati Liburan Sesuai Kantong, Ini Tipsnya

Ilustrasi liburan .
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Berlibur bukan hanya menikmati udara segar atau pun mencari tempat yang bisa membuat pikiran jadi lebih tenang. Berlibur, juga membutuhkan perencanaan.

Tips Menjaga Keuangan Tetap Aman agar Liburan Nyaman

Bukan hanya menentukan tujuan tempat berlibur, anggaran untuk menikmati momen-momen liburan itu juga butuh direncanakan. Jika sudah menemukan tujuan wisata yang diinginkan, langkah berikutnya adalah menentukan biaya yang dibutuhkan, agar liburan jadi menyenangkan.

Dilansir The Trusted Traveller, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat anggaran liburan. Dari tiket pesawat, hingga uang receh yang harus disediakan di dalam dompet untuk membeli jajanan pinggir jalan.

Viral Luna Maya Pakai Sunblock Ketebalan, Netizen: Make Up Suzana Belum Diapus?

Jika dari awal tidak tahu berapa banyak uang yang akan tersedot untuk liburan yang diimpikan, maka tidak ada cara untuk tahu apakah bisa mewujudkan keinginan berlibur.

Memiliki anggaran adalah fase penting di sini. Anggaran yang dibuat bisa jadi hal penting untuk menentukan liburan seperti apa yang akan dijalani nantinya.

Liburan Seru di Jakarta: Belajar Sejarah Jalur Rempah dan Foto Cantik di Replika Candi Borobudur

Untuk memulainya, tak perlu membuat rumit, cukup buat kolom di mana tertulis jenis pengeluaran, kolom anggaran, dan biaya sebenarnya. Jadi akan selalu bisa diketahui sepanjang waktu perbedaan harganya. Penting juga membuat anggaran makan.

Transportasi

Ada beberapa pilihan biaya transportasi yang akan diperlukan ketika memutuskan berlibur baik, di dalam atau pun luar negeri. Pikirkan dari biaya pesawat, sewa mobil, tiket bis atau kereta, transportasi umum dan lainnya.

Mulailah dengan menemukan jenis transportasi yang diperlukan selama liburan.

Pesawat

Terutama jika memutuskan liburan ke luar negeri, penting untuk selalu memeriksa harga. Gunakan website yang bisa membandingkan harga tiket secara online, sehingga lebih mudah dan hemat waktu untuk mengetahui di mana website yang menjual tiket dengan harga termurah.

Akomodasi

Pengeluaran besar lainnya saat berlibur adalah akomodasi. Ada banyak jenis akomodasi dari harga murah hingga mewah. Mulailah membandingkan hotel tempat menginap, dari jarak tempuh hingga fasilitas. Jika sudah menemukan hotel yang diinginkan, jangan lupa masukkan dalam daftar anggaran yang dibuat sebelumnya.

Aktivitas

Di sinilah pentingnya buku panduan perjalanan. Cari tahu tentang atraksi menarik yang akan dikunjungi serta harga tiket masuknya.

Hal ini tidak berlaku dan bisa dilewatkan jika tujuan liburan hanya bersantai di tempat penginapan.

Dalam hal ini, pertimbangkan juga untuk mengambil paket tur sehari penuh atau setengah hari yang bisa disesuaikan dengan anggaran.

Makan dan minum

Semua tergantung pilihan makanan, apakah termasuk yang suka jajanan pinggir jalan atau makan ala fine dining. Cari tempat yang akan dikunjungi, dan masukkan daftar rencana biaya ke dalam daftar anggaran yang sudah dibuat.

Belanja

Berapa banyak yang akan dihabiskan untuk membeli suvenir dan barang lainnya. Masukkan juga dalam daftar anggaran liburan.

Pengeluaran lain

Biaya terbesar yang mungkin akan terlupakan adalah asuransi perjalanan. Pilihlah asuransi yang bisa memberi banyak kelebihan selama perjalanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya