Naik Kapal Pesiar, Barang-barang Ini Dilarang Dibawa

Voyager of the Seas at Marina Bay Cruise Centre Singapore
Sumber :
  • Dok Royal Caribbean

VIVA – Minat wisatawan Indonesia yang memilih kapal pesiar untuk berlibur semakin meningkat tiap tahunnya. Namun, ternyata masih banyak wisatawan Indonesia yang tidak tahu sejumlah barang yang tidak boleh dibawa saat naik kapal pesiar.

INFOGRAFIK: Menguak Kapal Pesiar Terbesar di Dunia, 5X Dari Titanic

Menariknya, ada barang-barang unik yang kerap dibawa penumpang saat hendak berlibur dengan kapal pesiar. Menurut General Manager Royal Caribbean International Indonesia Ivan Soetikno, pada prinsipnya aturan untuk barang yang tidak boleh dibawa saat naik kapal pesiar sama dengan ketika naik pesawat, di antaranya benda tajam, senjata api dan bahan peledak, benda tumpul dan yang punya kandungan gas.

Hanya saja, ada beberapa aturan tambahan yang sebaiknya dicatat bagi wisatawan yang berencana berlibur dengan kapal pesiar. Salah satunya ialah dilarang membawa kabel sambung.

Mau Rasakan Pengalaman Wisata Kapal Pesiar Kelas Dunia? Begini Caranya

"Karena ada alasan security dan safety. Karena orang Indonesia satu orang, gadget-nya bisa 10, sedangkan di kapal sudah dihitung dayanya, dan jika melebihi justru berbahaya," kata Ivan saat jumpa pers di kawasan Jakarta Pusat, Selasa, 28 Agustus 2018.

Salah satu barang lainnya yang cukup aneh pernah dibawa ke atas kapal pesiar, yakni rice cooker atau penanak nasi. Menurutnya, banyak kejadian orang dari Indonesia membawa rice cooker ketika berlibur dengan kapal pesiar.

Lego Jangkar Tanpa Izin, Kapal Pesiar Rusia Dipepet Kapal Perang TNI

"Orang kita kalau belum makan nasi, (merasa) belum makan, padahal kita juga sudah siapkan makanan lengkap," kata dia.

Selain itu, juga dilarang membawa hewan peliharaan, kecuali hewan peliharaan yang dikhususkan untuk membantu orang difabel. Itu pun menurut Ivan harus memiliki sertifikat. Jadi, jika nanti berlibur dengan kapal pesiar, catat hal ini, jangan sampai lupa!

Azamara Cruise, bersandar di Pelabuhan Benoa, Bali

Plesiran Pakai Kapal Pesiar Kian Diminati, Azamara Cruise Singgah di Bali

Pelabuhan Benoa Bali kembali disinggahi kapal pesiar yang membawa ratusan wisatawan dari mancanegara. Azamara Cruise bersandar di Pelabuhan Benoa, Sabtu, 24 Februari 2024

img_title
VIVA.co.id
24 Februari 2024