Jak-Japan Matsuri 2018, Simbol 'Kemesraan' Hubungan Indonesia-Jepang

Jak-Japan Matsuri
Sumber :

VIVA – Dalam rangka memperingati 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang, Jak-Japan Matsuri ke-10 kembali meramaikan Ibukota Jakarta dengan berbagai acara yang berpusat di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Sabtu malam, 8 September 2018.

Fakta Mengerikan Atlet Bulutangkis Jepang di German Open

Tak hanya itu, acara kali ini juga dipadukan dengan Japan-Indonesia Music Festival, yang merupakan pilar dari acara persahabatan antar negara ini.

Tak hanya diisi oleh berbagai artis lokal seperti Andien, Raisa, dan Isyana Sarasvati, acara tersebut juga terasa spesial karena adanya penampilan JKT48 dan AKB48. 

Giliran Jepang Jatuhkan Sanksi ke Rusia, Pembekuan Aset Dilakukan

Dari pantauan VIVA, terlihat seluruh sudut Gelora Bung Karno khususnya di pintu Plaza Tenggara, dihiasi dengan segala ornamen Jepang, seperti lampion dan juga makanan khas negara matahari terbit tersebut.

Makanan yang terdapat dalam both di antaranya Mie Ramen, Sushi, Ayam Karage, Kakigara, dan masih banyak. Selain both makanan, ada pula beberapa both permainan yang akan menghibur para pengunjung.

Jepang, Negara yang Hampir Mustahil Warganya Kehilangan Barang

AKB48 yang penampilannya paling ditunggu pengunjung Jak-Japan Matsuri akhirnya tampil dengan membawakan 5 lagu sekaligus, seperti Aitakata, Flying Get, Heavy Rotation, Ponytail to Shushu, Kimi no Koto ga Suki Dakara.

Pengunjung yang datang pun tak hanya dari masyarakat Indonesia, warga Jepang yang sedang berlibur juga memadati Gelora Bung Karno malam ini, dengan mengenakan baju negara asalnya. Terlihat unik, acara ini juga terdengar selalu menggemakan persahabatan antara Indonesia-Jepang.

Penjajahan Jepang

Sastra: Media Propaganda Penjajah

Masa pendudukan Jepang, karya sastra menjadi media propaganda yang digunakan untuk mendoktrinasi bangsa.

img_title
VIVA.co.id
24 Juni 2022