Serunya Parade Budaya Nusantara di Taman Nusa Bali

Taman Nusa, Bali
Sumber :
  • VIVA/ Bobby Andalan/ Bali

VIVA – Ke Bali memang tak lengkap rasanya jika tidak bersantai di Pantai Kuta. Namun, bukan hanya itu saja pesona yang bisa dinikmati saat menginjakkan kaki di Pulau Dewata. Masih banyak tempat indah lain yang bisa dikunjungi. Taman Nusa, salah satunya.

Labuan Bajo Siap Sambut Wisatawan! Temukan Peluang Baru di Webinar Outlook Kepariwisataan NTT

Miniatur Indonesia yang terletak di Jalan Taman Bali, Banjar Blahpane Kelod, Desa Sidan, Gianyar, belakangan jadi salah satu tempat wisata unggulan yang tak boleh Anda lewatkan begitu saja saat berada di Bali. Di Taman Nusa, Anda bisa mengenal segala macam kebudayaan di Indonesia hanya dalam waktu singkat.

Seperti yang disajikan ketika Taman Nusa mendapat kunjungan dari ratusan turis asal Tiongkok, 14 September 2018. Parade budaya digelar di Taman Nusa untuk memperkenalkan ragam dan kekayaan Tanah Air kepada turis mancanegara.

BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 1,36 Triliun

General Manager Taman Nusa, I Nyoman Murjana menjelaskan, melalui parade budaya, Taman Nusa ingin mengenalkan budaya Nusantara kepada para pengunjungnya. “Parade budaya yang kami sajikan ini untuk mengenalkan ragam budaya Nusantara,” kata Murjana di sela acara, Jumat 14 September 2018.

Parade budaya Nusantara sendiri sudah disajikan sejak dua tahun lalu. Namun, event ini belum reguler digelar oleh Taman Nusa. Parade budaya Nusantara bisa disajikan berdasarkan pemesanan terlebih dahulu.

Bank Muamalat Cetak Laba Rp 14,1 Miliar pada 2023, Aset Tumbuh 9 Persen

“Parade budaya Nusantara ini sudah kita lakukan sejak dua tahun lalu. Kami memang mengutamakan untuk menyajikan parade budaya Nusantara ini kepada tamu dalam bentuk grup, sekurang-kurangnya 200 orang,” ujarnya.

Tiap tahun, turis mancanegara bisa menyaksikan parade budaya Nusantara di Bali melalui event Pesta Kesenian Bali (PKB). Dengan catatan, tamu yang tengah berlibur ke Bali harus menyesuaikan jadwal terlebih dahulu, karena event ini hanya diselenggarakan selama sebulan dalam setahun.

Namun di Taman Nusa, kapan saja event parade budaya Nusantara bisa disaksikan, asal melakukan pemesanan terlebih dahulu. Parade yang ditampilkannya menjadi destinasi yang cukup unik, spesifik dan mendidik. Tak heran jika Taman Nusa kebanjiran pesanan parade budaya Nusantara untuk event pertemuan IMF-World Bank yang akan diselenggarakan di Bali pada Oktober mendatang.

“Delegasi IMF-World Bank telah menjadwalkan untuk berkunjung ke Taman Nusa. Kami telah dihubungi oleh EO (Event Organizer) untuk menyiapkan paket parade budaya Nusantara. Ada 350 orang delegasi IMF-World Bank yang sudah confirm akan berkunjung ke Taman Nusa,” ujarnya.

Parade budaya yang digelar Taman Nusa menyajikan kesenian dan kebudayaan tradisional dari seluruh provinsi di Indonesia. Ratusan peserta dari sanggar terdekat maupun pelajar SMA dilibatkan dalam event itu.

Pada parade budaya Nusantara, wisatawan akan disajikan aneka ragam kesenian khas tradisional masing-masing provinsi di Indonesia. Satu per satu kesenian akan ditampilkan lengkap dengan atribut dan berbagai macam perlengkapan.

Sejumlah wisatawan yang mengunjungi Taman Nusa tak henti menyatakan kekagumannya atas keragaman dan kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia. Mereka tak berhenti mengabadikan moment yang bisa jadi hanya dilihatnya satu kali seumur hidupnya. Usai menyaksikan parade budaya Nusantara, turis asing itu dipersilakan mengunjungi kampung budaya. Tunggu Apalagi, segera kunjungi Taman Nusa dan nikmati sajian parade budaya Nusantara. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya