Menikmati Rafting di Sungai Lukup Sambil Lihat Indahnya Gunung Leuser

Pemandangan lokasi rafting di Sungai Lukup Badak di Aceh Tengah, di bawah kaki Gunung Leuser.
Sumber :
  • VIVA/Dani Randi

VIVA – Sungai Lukup Badak di Aceh Tengah, menjadi salah satu titik rafting di dataran tinggi tanah Gayo dan Alas, Aceh. Aliran yang deras dan dinginnya air sungai membuat kesejukan bagi pengunjung sungai yang berada di kaki Gunung Leuser.

Serunya, Arung Jeram dan Tubing di Lembah Singorojo Kendal

Permainan yang dirasa ekstrem ini akan hilang apabila pengunjung melintasi sungai yang panjangnya sekitar 4,5 Kilometer. Dan deretan Gunung Leuser membuat kesejukan bagi pengunjung.

Lintasan Sungai Lukup Badak akan memanjakan pengunjung yang ingin berwisata dengan keluarga, tentu tetap dipandu oleh sejumlah skipper atau orang yang memberikan instruksi pada penumpang untuk melakukan gerakan dan atau mendayung selama dalam pengarungan.

Indonesia Juara Dunia Rafting Junior Putri 2022

Bukan hanya itu, setiap orang berpeluang melihat berbagai jenis hewan yang tiba-tiba muncul dari rerumputan atau keluar dari pinggir sungai, seperti sejumlah jenis burung, biawak, dan hewan lain yang sering seketika muncul di semak belukar.

Panorama alam asri sepanjang perjalanan akan semakin membuat betah setiap pengunjung untuk berlama-lama bermain perahu karet di tempat ini. Pengunjung dapat menyaksikan aktivitas nelayan, petani di sawah, hamparan areal perkebunan kopi rakyat, dan lokasi pertanian tanaman palawija yang menjadi sumber pendapatan ekonomi masyarakat di sana.

Aceh Siapkan 110 Event Wisata di 2020 Demi Gaet 3 Juta Wisatawan

Sementara bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi segarnya air Sungai Lukup Badak, pemandu akan membawa perahu karet ke lokasi aman yang mana arus sungai tenang untuk pengunjung bisa mandi dan mengapung di sana.

Ketua Harian Federasi Arum Jeram Indonesia (FAJI) Aceh Tengah, Muhammad Ibnu Akbar menyebutkan, lokasi ini memang diperuntukkan bagi wisatawan  yang ingin merasakan kenyamanan tersendiri saat melintas di Sungai Lukup Badak dengan perahu karet.

Apalagi di kanan kiri sungai mereka bisa menyaksikan keindahan alam seperti pegunungan, lahan perkebunan kopi maupun area persawahan. 

"Kebanyakan mereka yang datang ke sini bersama keluarga, dan di sungai ini memiliki beberapa tipe arus sungai dari yang deras hingga yang tenang," ujarnya pada VIVA di sela kegiatan Gayo Alas Mountain Internasional Festival di lokasi rafting, Sabtu 15 September 2018.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi wahana wisata ini, lokasinya hanya berjarak 7,5 km dari pusat kota Takengon, ibu kota Kabupaten Aceh Tengah. Sungai ini terletak di Kecamatan Pegasing, Desa Kalanare.

Di sini pengunjung akan didampingi oleh para pemandu profesional yang merupakan atlet berprestasi di bidang olahraga arung jeram dari FAJI Aceh Tengah.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya