10 Tips untuk Dapatkan Tiket Perjalanan Murah

Ilustrasi tiket pesawat dan paspor.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Tiket pesawat biasanya menjadi biaya terbesar yang harus dikeluarkan saat memutuskan untuk melakukan perjalanan wisata. Menemukan tiket yang murah sama pentingnya dengan menentukan tempat tujuan, atau tempat penginapan, karena jika tiket perjalanan mahal, bisa-bisa rencana bepergian batal.

Liburan ke Asia Tenggara dan Australia Pakai Tiket Diskon, Cek di Sini! 

Padahal, setiap hari perusahaan penerbangan selalu memiliki tawaran menarik hingga promosi khusus untuk berkompetisi dengan maskapai lainnya. Berikut ini 10 tips dapatkan tiket perjalanan murah sepanjang musim, dilansir Nomadic Matt.

Fleksibel Waktu

Transformasi Pengalaman Traveling: Kolaborasi Garuda Indonesia dan UOB dalam Lifestyle & Pariwisata

Tiket pesawat sangat tergantung pada hari, minggu, tahun, hari libur besar. Agustus misalnya, adalah bulan untuk berkeliling Eropa, dan semua orang ingin pergi di musim yang hangat atau pergi saat libur anak sekolah. Jadi, lakukan liburan di luar musim-musim di atas.

Kemudian, terbanglah di pertengahan minggu, bukan akhir pekan, karena sebagian besar orang melakukan perjalanan di akhir pekan, sehingga maskapai biasanya menaikkan harga. Harga tiket biasanya akan lebih murah setelah hari libur besar. Cari waktu penerbangan di paling pagi atau paling malam karena sedikit orang bepergian di jam itu.

Gak Perlu Ribet Lagi! Traveling ke Bali Kini Makin Dipermudah

Fleksibel Tujuan

Jika tidak bisa fleksibel dengan kapan akan terbang, setidaknya fleksibel lah dengan akan ke mana terbang. Akan lebih baik melakukan keduanya, tapi jika tidak bisa, lakukan setidaknya salah satu di antaranya.

Mesin pencari maskapai telah dirancang sedemikian rupa agar memudahkan pengguna untuk mencari informasi tiket termurah di seluruh dunia. Gunakan alat pencari seperti misalnya Google Flight yang bisa memudahkan melihat pilihan tujuan dan tempat asal.

Terbang dengan budget airlines

Budget airlines saat ini menawarkan penerbangan jarak jauh dan tentunya menawarkan harga lebih murah dibanding maskapai lainnya. Seperti di Asia ada Jeju Air, Tiger Air, Air Asia, atau Jetstar dan Tiger Air Australia, kemudian Frontier dan Spirit Airlines di Amerika Serikat.

Meski murah, perhatikan biaya lain yang biasanya dijual terpisah oleh maskapai seperti ini. Seperti fee barang bawaan, atau mencetak boarding pass.

Jangan selalu terbang langsung

Terkadang akan lebih murah memecah jalur penerbangan. Misalnya saja akan lebih murah terbang dari London baru ke Amsterdam, dibanding langsung ke Amsterdam.

Untuk melakukan ini, temukan dulu berapa harga tiket jika terbang langsung, kemudian cari penerbangan dengan tujuan di bandara terdekat. Jika memutuskan melakukan ini, pastikan untuk memberikan jeda 3 jam di antara waktu penerbangan.

Banyak manfaat bisa diperoleh dengan melakukan hal ini, selain hemat, juga bisa memberi banyak waktu untuk bertualang di lokasi transit.

Mix and Match

Tak hanya pakaian, pesawat juga perlu dilakukan mix and match. Memesan tiket pesawat yang berbeda akan lebih mudah untuk mendapatkan harga yang terbaik.

Selalu perhatikan harga khusus

Tak semua orang senang ada email di inbox mereka, tapi ini penting ketika sedang mencari tiket harga murah. Dari maskapai biasanya akan memberikan informasi tentang last minute atau tawaran spesial yang sedang berlangsung.

Kebanyakan penerbangan murah ini hanya tersedia 24 jam, jadi jika tidak mendaftarkan email, dari  mana informasi tersebut diperoleh? Berikut ini beberapa website yang memberikan penawaran murah. Airfarewatchdog, The Flight Deal, Holiday Pirates, Scott's Cheap Flight, Secret Flying.

Cari untuk satu orang

Jangan pernah mencari atau membeli dua tiket dalam sekali pembelian. Maskapai selalu menunjukkan harga termahal dalam tiket berkelompok. Untuk itu, selalu cari tiket sebagai satu orang.

Pesan lebih awal bukan terlalu awal

Tarif tiket pesawat bisa terus naik, tapi selalu ada titik celah dimana maskapai menurunkan atau bahkan menaikkan harga berdasar permintaan. Jangan tunggu hingga detik terakhir, tapi juga jangan memesan terlalu jauh. Cara pesan terbaik adalah enam hingga 8 minggu sebelum waktu terbang, atau sekitar tiga bulan sebelum berangkat.

Cari dalam mata uang lain

Jika mata uang negara sedang menguat, beli tiket di negara yang sedang melemah. Misalkan dolar Amerika sedang menguat dan Selandia Baru melemah, harga tiket ke Selandia Baru akan lebih murah. Tips ini tidak selalu berhasil baik, tapi tak ada salahnya mencoba.

Gunakan miles dan poin

Program dari maskapai ini bisa memberikan kesempatan pada konsumen untuk mendapat penerbangan gratis, up grade. Tak peduli seberapa sering terbang, selalu pastikan mendaftar program reward dari maskapai.

Selain itu, tambahkan miles dari pendaftaran kartu kredit, belanja online, atau tawaran lainnya bisa juga membantu meningkatkan poin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya