Batam, Pulau Melayu dan Hal yang Membuatnya Istimewa

Wisata Batam.
Sumber :

VIVA – Sudah bukan rahasia lagi jika kota Batam menjadi lokasi strategis karena berada di jalur pelayaran internasional. Pulau yang pertama kali dihuni oleh orang Melayu ini juga memiliki 5 buah pelabuhan internasional yang membuatnya menjadi kawasan aktif perdagangan.

Pegipegi (Akhirnya) Pergi Selamanya

Tidak hanya itu, terpisah oleh Selat Singapura yang lebarnya sekitar 16 kilometer, dengan mata telanjang saja kamu sudah bisa melihat gedung-gedung tinggi di Singapura dari Batam. Jadi, jangan heran jika warga Batam sering liburan ke Singapura atau Malaysia saat akhir pekan dan sebaliknya.

Lokasi strategis ini adalah salah satu yang membuat kota Melayu ini menjadi istimewa. Selain lokasi strategis, Batam juga menawarkan pilihan wisata yang tak kalah fantastis dari tetangga terdekatnya, Singapura dan Malaysia.

Pegipegi Putuskan Tutup Usai 12 Tahun Beroperasi, Warganet: Sumpah Gue Sedih Min, Lu Paling Murah

Berikut adalah pilihan wisata yang membuat kota ini memiliki keistimewaan dibanding kota lainnya di Indonesia.

Melintasi Jembatan Barelang

Jelajah Danau Batur, Tempat Wisata dengan Pesona Eksotis di Bali

Ini adalah wisata asli Batam yang menjadi hal wajib bagi para traveler. Kenapa? Karena jembatan ini adalah ikon dari kota Batam. Barelang merupakan singkatan dari tiga tempat, yakni Batam, Rempang, dan Galang. Warga setempat menyebut jembatan ini dengan julukan “Jembatan Habibie”. Dijuluki nama itu karena Habibie adalah orang yang memulai pengembangan jembatan panjang untuk memfasilitasi tiga pulau yang sengaja dirancang untuk dikembangkan dan digunakan sebagai kawasan industri yang berada di Kepulauan Riau.

Mega Wisata di Lahan Seluas 40 Hektar

Kota Batam memiliki mega wisata Ocarina. Tempat ini merupakan wisata pantai yang terletak di dalam Kota Batam. Tempat wisata ini berdiri di atas lahan seluas 40 hektare dan terletak di tepi pantai dan kompleks perumahan mewah Costarina. Selain menikmati indahnya pemandangan ke lepas pantai langsung, di Ocarina, kamu juga bisa merasakan naik kincir angin raksasa atau menantang adrenalin dengan sky runner. Nah, buat kamu penggemar bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), wisata ini tentu menjadi keistimewaan tersendiri buat kamu karena ternyata Kawasan ini diresmikan langsung oleh Presiden SBY pada Januari 2009 lalu.

Mengunjungi Eks Kamp Pengungsi Vietnam

Tempat ini tentu memiliki nilai sejarah yang cukup menarik untuk dipelajari. Meski tidak memiliki nama tempat yang pasti, tempat ini dikenal sebagai bekas kamp perlindungan para pengungsi dari Vietnam pada 1979-1996, atau lebih sering dikenal sebagai Manusia Perahu. Kamp ini berlokasi di Pulau Galang, sebelah selatan Batam yang mempunyai luas sekitar 7 km2. Pada saat itu, badan pengungsi PBB, UNHCR, mengumpulkan para pengungsi Vietnam yang tersebar di beberapa bagian pulau seperti di pulau Natuna, pulau Anambas, Terempa, dan sekitarnya berkumpul  menjadi satu di Pulau Galang.

Bandara dengan Runway Terpanjang di Indonesia

Batam juga memiliki Hang Nadim International Airport yang memiliki landas pacu (Runway) terpanjang se-Indonesia dan kedua di Asia Tenggara setelah Bandara KLIA, Kuala Lumpur, Malaysia. Panjangnya 4.025 meter. Dengan panjang segitu pesawat berbadan besar jenis Boeing 747, 767, 777 maupun Airbus A380 bisa ditampung semua.

Bicara soal pesawat, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman memesan tiket pesawat ke Batam dengan mudah melalui aplikasi Pegipegi. Di aplikasi Pegipegi, kamu bisa langsung merencanakan liburan dengan mudah plus promo menarik yang sayang jika terlewatkan.

Ya, itulah beberapa alasan dan pilihan wisata yang membuat Batam memiliki keistimewaan tersendiri dibanding kota lain di Indonesia. Jika kamu memiliki rencana untuk berwisata ke Batam, kamu bisa mencari Informasi lengkap mengenai promo hotel di Batam di Pegipegi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya