Hore, Wisatawan Bisa Keliling Gratis di Semarang Naik Si Denok

Kawasan Wisata Kota Lama Semarang
Sumber :

VIVA – Kota Semarang, Jawa Tengah kembali menambah satu buah unit bus wisata tingkat yang dikhususkan bagi wisatawan di wilayahnya. Seperti bus tingkat sebelumnya, armada anyar tersebut menjadi fasilitas gratis untuk berkeliling ke sejumlah destinasi wisata.

Libur Panjang Imlek, Intip 4 Wisata Menarik di Semarang Bernuansa Pecinan

Sarana transportasi bidang pariwisata itu merupakan sumbangan program corporate social rensponsibility (CSR) dari CIMB Niaga. Bus tingkat warna merah ini diserahkan Presiden Direktur CIMB Niaga, Tigor M Siahaan kepada Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi pada upacara Hari Perhubungan Nasional di halaman Balai Kota Semarang, Rabu, 26 September 2018.

Hendrar mengungkapkan, kehadiran bus yang diberi nama Si Denok itu menjadi berkah bagi wilayahnya. Hal itu mengingat kebutuhan besar bus wisata tingkat gratis yang saat ini baru satu unit.

Mau Wisata ke Kota Lama dan Lawang Sewu Semarang? Naik Kereta Cuma Rp10 Ribu

"Kebutuhan terhadap bus wisata tingkat ini luar biasa. Masyarakat terus mendesak supaya Pemkot Semarang melakukan pengadaan lagi. Tapi kita tahu di anggaran perubahan kemarin APBD kita defisit," kata Hendrar.

Ia meyakini sumbangan bus dari sektor swasta itu menjadi bukti bahwa perkembangan pariwisata di Kota Semarang mendapat dukungan dari semua pihak. Apalagi bus wisata kedua itu diberikan secara cuma-cuma.

Cantiknya Jembatan Kaca Tinjomoyo Semarang, Kapan Dibuka?

"Maka saya bersyukur dan mengucapkan terima kasih. Akhirnya Si Kenang Bus Wisata yang saat ini sudah ada bisa ditemani dengan pasangannya, yakni Si Denok, " ujar pria yang akrab disapa Hendi itu.

Si Denok, bus gratis untuk Kota Semarang dari CIMB Niaga

Bus wisata tingkat itu merupakan bus asal Jerman yang dibuat PT Gemilang Nusantara. Kisaran harga bus tersebut senilai Rp43 miliar. Bus itu memiliki kapasitas 53 seat dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang, seperti TV LED, CCTV, WiFi, alat pemadam api ringan serta fasilitas bagi penyandang disabilitas.

Sementara sejak 2017 lalu, bus wisata gratis Si Kenang telah banyak diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Rute destinasi yang ditempuh, seperti Museum Mandala Bhakti, menuju kawasan Kota Lama Semarang yang akrab disebut Belanda Kecil atau The Little Netherland.

Sorot Cagar Budaya - Wisata Cagar Budaya Lawang Sewu

Bus akan berhenti di destinasi Taman Srigunting agar wisatawan menikmati spot kota lama seperti Semarang Art Galeri, Pasar Antik, Gereja Blenduk dan lain-lain. Usai mengeksplor Kota Lama, bus akan membawa wisatawan ke kawasan Lawang Sewu, tempat oleh-oleh khas di Jalan Pandanaan, Kawasan Simpang Lima hingga destinasi anyar Kampung Pelangi.

Presiden Direktur CIMB Niaga, Tigor M Siahaan berharap keberadaan bus tingkat itu akan menambah animo warga serta wisatawan untuk mengunjungi pariwisata di Semarang. Pada 2016 lalu, perusahaannya juga telah memberikan tiga unit bus serupa kepada Pemprov DKI Jakarta.

"Ini bukti kita mendukung sarana transportasi publik bagi wisatawan di Ibu Kota, tak hanya Jakarta tapi di berbagai wilayah Tanah Air," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya