Wisata di Gresik, Madura hingga Bangkalan, Jatim Bukan cuma Malang

Gapura Candi Dadi via Instagram.com @al_madun.
Sumber :

VIVA – Menyoal traveling di Jawa Timur, pasti tujuan utamanya adalah Malang. Bagaimana tidak, Malang memang menawarkan segalanya, mulai dari pantai nan menawan, gunung yang menjulang tinggi sampai dengan kuliner yang menggoyang lidah. 

Pegipegi (Akhirnya) Pergi Selamanya

Tapi sebenarnya Jawa Timur bukan cuma malang, masih banyak kota-kota dan kabupaten lainnya di Jawa Timur yang menunggu untuk disinggahi. Beberapa pilihan kota wisata di Jawa Timur yang bisa Anda singgahi, yaitu Gresik, Madura, Tulungagung dan Bangkalan. Ya, kota-kota itu masih terletak cukup dekat dengan Surabaya. 

Di kota-kota ini Anda bisa berwisata mulai dari wisata budaya, alam, kuliner hingga pilihan atraksi yang menarik. Berikut ulasan singkat pilihan wisata di kota-kota tersebut. 

Pegipegi Putuskan Tutup Usai 12 Tahun Beroperasi, Warganet: Sumpah Gue Sedih Min, Lu Paling Murah

Mengenal Sejarah Fosil Manusia di Tulungagung 

Meski terkenal juga dengan wisata alamnya yang sungguh bagus, Tulungagung juga diberkahi dengan objek-objek wisata yang bernilai sejarah. Sejumlah candi bisa kamu datangi di kabupaten ini. Salah satunya adalah Candi Dadi yang terletak di desa Sanggrahan, kecamatan Boyolangu. Kawasan Boyolangu ini memang terkenal sebagai salah satu situs sejarah tempat ditemukannya fosil manusia purba serta sejumlah candi. Candi Dadi sendiri letaknya di puncak bukit. Dari sini, kamu bisa menikmati pemandangan desa Sanggrahan serta kota Tulungagung dari ketinggian.

Jelajah Danau Batur, Tempat Wisata dengan Pesona Eksotis di Bali

Wisata Pantai di Pulau Bawean Gresik

Kabupaten Gresik merupakan wilayah yang terletak di bagian utara Pulau Jawa, dan cukup dengan Kota Surabaya. Pulau wisata yang ditawarkan oleh kabupaten ini, yaitu tempat wisata Pulau Bawean Gresik. Pulau ini menawarkan keindahan pasir putih bersih dan memiliki laut yang cukup bersih di bandingkan dengan laut-laut di pesisir utara Jawa lainnya. Di Pulau Bawean ini, Anda juga dapat melihat spesies rusa langka, yaitu Rusa Bawean. 

Kuliner Madura yang Menggoyang Lidah

Pilihan berwisata di Jawa Timur lainnya, yaitu kuliner, tepatnya mencoba kuliner Madura. Selain sate, Madura ternyata masih memiliki beragam kuliner khas yang tak kalah populernya dengan sate yang lebih dulu mendunia. Sebut saja soto Madura yang memiliki kekhasan berupa irisan telur rebus dan kentang goreng dengan kuah pekat, bebek Songkem yang gurih dan empuk, tapak lodeh, kaldu kokot, nasi setan Madura, rujak cingur Madura dan masih banyak lagi deretan wisata kuliner Madura yang terkenal. Semuanya patut Anda coba jika berkunjung ke Madura. 

Telusur Bukit Jaddih di Bangkalan

Bukit Jaddih aslinya adalah bukit kapur dan menjadi lokasi penambangan kapur di sana. Setiap harinya ada banyak truk-truk dan sejumlah alat berat yang melintas dan mengangkut kapur-kapur tersebut.

Namun, Pemandangan yang ditawarkan Bukit Jaddih memang menjadi obyek yang menarik untuk lensa kamera Anda. Sisa-sisa penambangan batu kapur membentuk pemandangan yang cukup memukau dan mirip dengan Cappadocia di Turki.

Bukit-bukit sisa penambangan tidak hanya menampilkan pahatan dan ukiran, namun juga membentuk sejumlah gua-gua kecil yang begitu menarik. Bahkan ada juga yang telah menjadi danau dengan airnya yang berwarna hijau dan dimanfaatkan sebagai kolam renang untuk menambah atraksi dari Bukit Jaddih. 

Itulah tadi beberapa pilihan wisata menarik selain Malang yang patut Anda singgahi saat berkunjung ke Jawa Timur. Untuk memulai perjalanan Anda ke kota-kota tersebut, Anda bisa memulainya dari Surabaya. 

Anda bisa memilih dan memesan tiket pesawat ke Surabaya dengan mudah melalui aplikasi Pegipegi. Melalui program Jelajahi Indonesiamu, Pegipegi juga ingin mengajak Anda untuk mengeksplor pesona Indonesia dan mulai merencanakan traveling Anda tanpa repot. 

Informasi lengkap mengenai Jelajahi Indonesiamu bisa Anda lihat di laman ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya