Menikmati Keindahan Alam Sambil Uji Adrenalin di Pantai Timang

Pantai Timang, Yogyakarta
Sumber :
  • VIVA/Putri Dwi

VIVA – Bicara soal wisata alam khususnya wisata pantai di Yogyakarta, pasti sebagian orang menyebut Pantai Parangtritis. Padahal, saat ini bukan hanya Pantai Parangtritis saja yang menyajikan panorama indah di Yogyakarta, melainkan banyak pantai-pantai lainnya di Yogyakarta yang tak kalah indah.

Pantai Timang, Tempat Wisata di Yogyakarta yang Menguji Adrenalin

Di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta terdapat sederet pantai menawan, di antaranya Pantai Pok Tunggal, Pantau Gesing, Pantai Indrayanti, Pantai Sundak, Pantai Timang. Dari sejumlah pantai itu, Pantai Timang akhir-akhir ini menjadi sorotan dan viral di media sosial.

Pantai Timang berlokasi di Pedukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Berbeda dari pantai lainnya yang memiliki hamparan pasir putih lembut, Pantai Timang hanya berupa bebatuan karang yang curam sekaligus tajam dan diapit dengan tebing bebatuan lainnya.

Keren-keren! 5 Tempat Wisata Ini Bisa Diakses dari HeHa Ocean View

Meski begitu, ternyata itu yang menjadi daya tarik pantai ini. Hal yang paling menarik lainnya, terdapat kereta gantung yang disewakan untuk menyeberang ke pulau karang alias batu karang besar di tengah-tengah pantai. Kereta gantung ini memang sudah terkenal hingga mancanegara. Yang membuatnya terkenal ialah lokasi penyeberangan kereta gantung yang berada tepat di atas pertemuan ombak yang sangat besar dengan karang tajam di bawahnya.

Itu tentunya menjadikan ajang uji adrenalin para wisatawan bernyali tinggi untuk berani menaiki kereta gantung tersebut. Apalagi untuk mengoperasikan kereta gantung ini masih dilakukan secara manual, yaitu dengan menggunakan tenaga manusia untuk menarik tali supaya kereta gantung jalan. Namun, keselamatan dan keamanan wisatawan yang menaiki wahana itu dijamin oleh pihak pengelola.

Tak Ada Habisnya, Ini 30 Destinasi Wisata Jogjakarta yang Bikin Rindu

Untuk yang penasaran ingin menguji adrenalin mereka dengan menaiki kereta gantung, wisatawan wajib mengeluarkan biaya Rp150 ribu. Selain kereta gantung yang ekstrem, ada pula jembatan gantung untuk sampai ke pulau karang.

Pantai Timang, Yogyakarta

Tentunya jembatan gantung ini lebih aman karena sisi kanan kiri ditutupi jaring kuat. Untuk menyebrangi jembatan ini, pengunjung dikenakan biaya Rp100 ribu. Pengunjung juga dapat berswafoto di spot foto yang disediakan dan hanya dikenakan biaya mulai dari Rp5.000 hingga Rp30 ribu.

Namun sayangnya, meski menjadi salah satu destinasi potensial di Gunung Kidul dan selalu ramai dikunjungi wisatawan, akses jalan menuju ke Pantai Timang cukup sulit. Pengunjung dapat menggunakan mobil offroad dibanding kendaraan pribadi karena sepanjang perjalanan menuju Pantai Timang harus melewati medan berat dan ekstrem, di mana jalan bebatuan dan curam.

Pantai Timang, Yogyakarta

"Kalau mau ke pantai lebih baik sewa mobil offroad saja soalnya jalannya curam dan berbatu. Supaya lebih aman pakai mobil offroad, dengan harga sewa Rp450 ribu tapi belum pasti (tergantung berapa pantai yang akan dikunjungi)," kata sopir mobil offroad, Sowih kepada VIVA, belum lama ini.

Selain medan menuju pantai kurang bersahabat, di sekitar pantai Timang tak tersedia aliran listrik, dan harus bergantung pada panel listrik tenaga surya. Namun jika sampai di Pantai Timang, wisatawan langsung disambut gemuruh ombak besar dari hamparan luas laut biru nan cantik. Pesona alam di sekitar Pantai Timang pun masih asri dan terjaga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya