Pameran Alutsista Jadi Destinasi Wisata Dadakan

Pameran alutsista di Semarang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA Momentum Hari Ulang Tahun ke-73 Tentara Nasional Indonesia menjadi destinasi wisatawan dadakan di Kota Semarang, Jawa Tengah. Sebuah pameran alat utama sistem persenjataan atau alutsista milik TNI yang ditampilkan Lanumad Ahmad Yani langsung diserbu oleh banyak orang.

Alasan Pengemudi Fortuner Arogan Palsukan Pelat TNI Jalani Pemeriksaan Psikologi

Pameran alutsista ini digelar selama tiga hari sejak Jumat hingga Minggu, 5-7 Oktober 2018. Secara resmi pameran dibuka dengan upacara yang dipimpin oleh Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Wuryanto serta dihadiri langsung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono dan sejumlah pejabat terkait.

Ribuan masyarakat yang didominasi anak-anak bahkan terlihat memadati lokasi pameran. Sejumlah alutsista canggih seperti helikopter terbaru Apache hingga rudal antiserangan udara, roket, tank dan sebagainya menjadi daya tarik tersendiri.

Museum MACAN Open House sampai 21 April, Bisa Jadi Ide Hangout!

Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto mengungkapkan, pihaknya sengaja menggelar upacara peringatan HUT TNI dengan mengundang masyarakat dan menggelar pameran alutsista.

"Tujuannya untuk mendekatkan diri kepada masyarakat agar menjadikan TNI bagian dari mereka. Karena apa yang dilakukan oleh TNI adalah untuk masyarakat," kata Wuryanto di Semarang, Jumat, 5 Oktober 2018.

Pemobil Fortuner Diperintah Sang Kakak Buang Pelat TNI di Lembang, Polisi Turun Tangan

Kegiatan pameran alutsista tersebut, Wuryanto menjelaskan sebagai laporan pertanggungjawaban TNI kepada masyarakat yang telah membiayai seluruh kegiatan TNI. Sehingga seluruh kegiatan TNI bisa sedekat mungkin menyatu dengan masyarakat.

Dalam pameran itu, Wuryanto menuturkan bahwa hampir semua alutsista yang ditampilkan adalah yang terbaru. Alutsista yang dipamerkan juga berasal dari tiga matra, yakni TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara. Pameran alustsista kali ini diklaim menjadi yang terbesar dari yang pernah ada.

"Maka silakan masyarakat datang. Ini gratis. Masyarakat bisa berfoto, menaiki alutsista sampai bertanya detail mengenai jenis dan fungsi alutsista yang kami pamerkan," katanya.

Sementara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku cukup terpukau dan kagum melihat kecanggihan alustsista TNI dalam pameran yang digelar di Apron Bandara lama Jenderal Ahmad Yani itu. Menurutnya, kecanggihan alutsista ini menjadi bukti betapa tangguhnya tentara Indonesia.

"Peralatan alutsista milik TNI ini sangat canggih. Di Kodam IV Diponegoro saja, sudah secanggih ini, apalagi secara nasional," kata Ganjar.

Dia juga mengapresiasi kegiatan HUT ke-73 TNI tersebut dengan diselenggarakannya pameran alutsista. Menurutnya, dengan kegiatan semacam ini akan semakin mendekatkan TNI kepada masyarakat.

"TNI akan semakin dicintai rakyat, lihat saja acara hari ini, di mana ada ribuan anak-anak kecil begitu senang menyaksikan upacara dan pameran alutsista. Yang paling hebat menurut saya, adalah saat anak-anak kecil itu membagikan bunga kepada para anggota TNI. Ini menunjukkan bahwa TNI semakin dicintai rakyat dan terjadi soliditas antara keduanya," tuturnya.

Pihaknya berharap dengan semakin canggihnya alutsista, menjadikan TNI semakin profesional sebagai garda terdepan membentengi NKRI. (aw)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya