Tips Memilih Lokasi Liburan saat Musim Hujan

Ilustrasi hujan.
Sumber :
  • Pixabay/ Holeysocksart

VIVA – Bukan hanya sebuah tren, kini traveling (berlibur) menjadi faktor mendasar yang penting dilakukan untuk mengusir stres, dan sebagai penyeimbang dalam menjalani kehidupan.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Karenanya, berlibur juga harus dipersiapkan dengan baik. Bukan hanya soal finansial, yang penting diperhatikan saat berlibur adalah kondisi cuaca, salah satunya hujan. Tak akan menyenangkan jika acara liburan Anda gagal total hanya karena hujan?

Agar tak terjebak dalam situasi tersebut, dilansir dari siaran pers pegipegi yang diterima VIVA Selasa 9 Oktober 2018, berikut ini tips untuk menentukan lokasi liburan di musim hujan. 

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

1. Hindari Tempat Wisata Alam

Dibandingkan musim kemarau, pilihan lokasi untuk berlibur di musim hujan memang lebih terbatas. Mengunjungi tempat wisata alam seperti pantai, gunung, kawasan air terjun dan rawan bencana sebaiknya sementara ini dihindari, apalagi bagi travelers yang ingin berlibur bersama keluarga. 

Bandara Dubai Beroperasi Kembali Setelah Banjir Bandang

Ada begitu banyak risiko yang perlu diwaspadai, termasuk dampaknya terhadap kesehatan. Jangan khawatir, masih banyak destinasi menarik yang pas untuk dikunjungi pada musim ini. Mulai dari taman bermain dalam ruangan, tempat pertunjukan kesenian, museum, hingga pusat perbelanjaan dan wisata kuliner.
 
2. Sesuaikan dengan Tipe Traveler

Bicara tentang liburan, tentu “tujuan dan kebutuhan” dari setiap traveler itu berbeda-beda. Ada yang sekadar untuk menghilangkan penat, berburu kuliner, mencari tantangan baru atau hal-hal berunsur seni dan budaya, hingga ingin seru-seruan saja bersama teman-teman ataupun keluarga. 

Misalnya bagi yang sekadar ingin menghilangkan penat, traveler bisa melakukan staycation di hotel yang dekat dengan pusat perbelanjaan dan kuliner atau menginap di villa yang menyuguhkan pemandangan memesona, seperti perbukitan dan perkebunan teh. 

Berkunjung ke tempat pemandian air panas juga bisa membantu menghilangkan penat sekaligus mengembalikan kesegaran tubuh.
 
Selanjutnya, Anda juga bisa berburu kuliner, berkunjung ke kota-kota dengan segudang pilihan kuliner seperti Bali, Bandung, Yogyakarta, Solo, dan Semarang. Di sana, ada berbagai menu tradisional yang siap memanjakan lidah.
 
3. Tentukan Waktu Terbaik

Musim hujan bukan alasan untuk tidak melakukan liburan. Agar semakin menyenangkan, selain weekend, travelers juga bisa memanfaatkan “hari kejepit” seperti Senin, tanggal 19 November 2018 sebagai long weekend dadakan untuk menikmati liburan.
 
Evlin Winter, selaku Sr. Strategic Marketing Manager Pegipegi mengatakan bahwa musim hujan bukan halangan untuk melakukan traveling. Namun, travelers tetap perlu menjaga kondisi tubuhnya agar selalu fit, sehingga liburan berlangsung lebih aman dan menyenangkan. Yang perlu diingat, selain perencanaan yang baik, traveling di musim hujan juga perlu persiapan yang lengkap.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya