Bukan Cuma Nyaman, Begini Tren Penginapan yang Diburu Wisatawan

Ilustrasi hotel alam
Sumber :

VIVA – Selain soal harga dan juga kenyamanan, ada beberapa faktor yang jadi pertimbangan wisatawan dalam memilih hotel. Salah satunya ialah pengalaman menginap yang didapat.

Explore Serunya Liburan dan Wisata Kuliner di Makau dengan Promo Traveloka

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani, saat ditemui dalam press briefing Traveloka Hotel Awards 2018. Ia menegaskan bahwa wisatawan sekarang tidak cukup hanya kenyamanan dan pelayanan yang diberikan, tapi juga experience atau pengalaman.

"Sekarang ini sudah banyak desa wisata yang diperkenalkan oleh pemerintah daerah setempat. Desa wisata seperti itu menjadi daya tarik wisatawan. Saya lihat trennya lebih ke arah sana," kata dia kepada media, di Jakarta Senin, 15 Oktober 2018.

10 Tips Menikmati Perjalanan Mudik atau Pulang Kampung dengan Bus

Menurutnya, hal ini yang juga memicu banyaknya penginapan dengan konsep berbeda seperti menginap di atas tebing, glamour camping, atau juga di atas pohon. Perubahan tren tersebut mulai terlihat sejak tiga tahun belakangan.

Press briefing Traveloka Hotel Awards 2018

Ke Luar Negeri Lebih Aman dengan Fitur Perlindungan Visa Traveloka

"Jadi wisatawan cari hotel enggak hanya hotel dan akomodasi tapi juga experiencenya," jelasnya.

Sementara itu, GM Accomodations Traveloka, John Safenson, juga mengatakan, bahwa faktor lain yang juga dipertimbangkan wisatawan antara lain, soal aksesibilitas, kedekatan dengan tempat wisata, dan juga review atau rating sebelumnya.

"Selain itu, konsumen akan memilih hotel sesuai tujuan, liburan atau dinas. Dari situ mereka menentukan apakah hotel tersebut gampang diakses oleh tempat dinas atau tempat liburan. Hal-hal seperti itu yang diperhatikan para wisatawan," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya