Menengok Galeri Wayang di Yunani

Mairivi Puppet Theater Workshop
Sumber :
  • KBRI Athena

VIVA – Pertunjukan wayang, seringkali identik dengan wayang kulit ataupun wayang golek. Dua pertunjukan seni ini berasal dari Indonesia. Namun, sama halnya seperti di Indonesia, di negara lain seperti Yunani, juga punya pertunjukan seni wayang yang khas.

Kongkalikong dengan Jerman, Yunani Kirim Ribuan Roket ke Ukraina

Mungkin, tidak banyak orang yang tahu bahwa Yunani juga memiliki seni budaya yang menyerupai wayang yang dikenal dengan nama Karagiozis, yang jika dimainkan lebih mirip wayang kulit di Indonesia.

Selain Yunani, beberapa negara juga memiliki hal yang serupa seperti di China, Kamboja, India, Nepal, Belanda, dan sebagainya.

10 Negara Termurah untuk Dikunjungi di Tahun 2024

Berbagai macam wayang atau puppet tersebut ditampilkan oleh Mairivi Georgiadou pada Mairivi Puppet Theater Workshop, tak ketinggalan tentunya wayang dari Indonesia yakni wayang kulit dan wayang golek.

Mairevi yang merupakan seniman dan kolektor puppet dari seluruh dunia tersebut menceritakan bahwa yang bersangkutan mendapatkan koleksi wayang Indonesia pertama kalinya dari beberapa teman baik warga Indonesia maupun warga asing pencinta seni wayang Indonesia.

5 Negara yang Baru-baru Ini Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

Untuk menambah koleksi dari Galeri Mairivi Puppet Theater Workshop tersebut, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Athena, memberikan sumbangan berupa wayang kulit dan wayang golek dari berbagai macam tokoh yang ikut dipamerkan pada saat pembukaan Galeri pada tanggal 12 Oktober 2018 yang lalu.

Galeri didirikan oleh Mairivi Puppet Theater Workshop bekerja sama dengan Departemen Komunikasi, Media, dan Kebudayaan, Universitas Panteion, Athena, dan didukung oleh KBRI Athena itu berlokasi di 33 Deligiorgi, Metaxourgeio, Athena.

Galeri nantinya akan menjadi galeri yang bersifat permanen dan menjadi tempat berbagai macam pertunjukan wayang dari berbagai belahan dunia termasuk dari Indonesia.

Pada saat pembukaan yang dihadiri oleh sekitar 100 pengujung tersebut, para pengunjung menyatakan kekagumannya akan keunikan tokoh wayang dari Indonesia baik wayang kulit maupun wayang golek, para pengunjung menyatakan antusiasmenya apabila suatu saat nanti dapat melihat langsung pertunjukan seni wayang kulit atau wayang golek Indonesia di galeri tersebut.

Selain galeri untuk pameran dan pembuatan puppet, Mairivi juga memiliki teater wayang atau puppet di tempat terpisah yang masih secara aktif menyelenggarakan pertunjukan

“Suatu kebanggan tersendiri dapat menghadirikan wayang seni budaya Indonesia di Galeri yang dikelola secara profesional oleh seniman terkenal di Yunani. Wayang merupakan salah satu media yang efektif untuk menyampaikan pesan kepada para penonton, melalui wayang diharapkan dapat disampaikan mengenai budaya maupun perkembangan positif di Indonesia kepada masyarakat Yunani,” ungkap Duta Besar RI untuk Athena, Ferry Adamhar lewat rilis yang diterima VIVA.

Mairivi sebagai pengelola workshop menyambut baik akan rencana pertunjukan wayang Indonesia, yang nantinya akan mendatangkan dalang langsung dari Indonesia. Diharapkan, seni pertunjukan wayang yang telah ada sejak zaman kerajaan Majapahit di Indonesia ini dapat hadir di Galeri tersebut.

“Sehingga, bagi masyarakat Yunani atau asing yang ingin mengenal lebih dekat dan melihat pertunjukan wayang tidak perlu jauh-jauh lagi ke Indonesia, cukup dengan hadir di galeri ini”, ungkap Marivi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya