Saat Kecelakaan Pesawat, Posisi Kursi Ini Bisa Selamatkan Penumpang

Ilustrasi kursi duduk pesawat.
Sumber :
  • www.pixabay.com/StelaDi

VIVA – Sebuah pesawat Lion Air rute Jakarta-Pangkal Pinang Lion Air JT-610 dilaporkan hilang kontak pada pukul 06.20 WIB, Senin 29 Oktober 2018. Pesawat tersebut sudah dipastikan terjatuh dengan ratusan penumpang di dalamnya.

CIti Gandeng Occam Genjot Kinerja Komunikasi

Insiden tersebut mau tak mau menimbulkan kekhawatiran saat harus bepergian dengan pesawat. Untuk itu, terdapat beberapa cara untuk mendapatkan peluang agar tetap bertahan dalam kondisi pesawat yang terjatuh dikutip dari laman Telegraph.

1. Tentukan kursi

Smart Finance Gandeng CBI Redam Risiko Kredit Macet

Hal pertama tentunya wajib mendengarkan peraturan keamanan saat di dalam pesawat dan membaca kartu keselamatan yang tersedia. Selain itu, menentukan posisi kursi sangat penting dalam menjaga keselamatan.

Secara teori, kursi yang berdampingan dengan sayap pesawat, paling kuat dan tahan banting. Namun, banyak opini mengatakan, bagian belakang atau mendekati ekor pesawat adalah tempat paling aman.

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas

Bahkan sebuah studi menemukan, penumpang di moncong pesawat hingga 11 kursi di depan tidak ada yang selamat dalam kecelakaan pesawat, sehingga kelas bisnis pesawat paling tidak aman. Analisa lainnya juga menemukan, tempat duduk di belakang sayap hingga ekor memiliki keselamatan sebesar 69 persen, sejajar dengan sayap sebesar 56 persen dan di bagian depan hanya sebesar 49 persen.

2. Posisi penyangga

Pilihan posisi penyangga pada leher dan kepala ternyata mampu menyelamatkan diri Anda dari kecelakaan pesawat. Penyangga yang paling direkomendasikan yang cenderung ada di kursi bisnis, adalah yang paling berisiko terhadap patah leher. Posisi penyangga yang paling aman yaitu dengan kursi tegap dan pastikan Anda mampu menggapai kursi di depan Anda sebagai penahan saat terjadi kecelakaan pesawat.

3. Proteksi pada organ tubuh rawan

Beberapa korban kecelakaan pesawat cenderung mengalami patah kaki di bagian betis. Maka, disarankan untuk bisa memberi proteksi di bagian lutut saat menahan tekanan di dalam kondisi kecelakaan pesawat.

Selain itu, bila memungkinkan, bagian kepala Anda bisa ditahan dengan menggunakan bantal agar mencegah patah tulang di area sekitar. Tak lupa, memasang seat belt adalah hal dasar yang sangat diperlukan untuk menjaga peluang hidup di saat kecelakaan pesawat berlangsung.

Hobi Traveling? Kalau mau cari destinasi liburan yang seru tapi juga baru. Boleh nih jajal perjalanan menemui orang utan penguasa hutan Kalimantan! Enggak percaya? Cek dalam video di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya