Revitalisasi Alun-alun, Alasan Kota Cirebon Perlu Dipercantik

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengutarakan alasan Kota Cirebon akan direnovasi menjadi wajah wisata sejarah dan belanja Jawa Barat. Menurutnya, dengan potensi wisata dan ekonomi yang dimiliki, wisatawan masih memerlukan tempat yang layak untuk menghabiskan sisa waktu kunjungannya.

Ini Dia 5 Lokasi Wisata Cirebon Paling Populer dari Masa ke Masa

“Sekarang kekurangan Cirebon itu kalau datang nongkrong di mana? Kebanyakan beli-pulang, beli-pulang dalam waktu pendek, nah turis kota yang baik adalah kota yang nongkrongnya lebih lama, karena banyak yang dilirik,” ujar Ridwan Kamil, Kamis, 15 November 2018.

Renovasi yang ditujukan pada alun-alun Kejaksan Kota Cirebon ini, menurutnya, akan memperkuat citra wisata ditambah dengan akses tambahan, yaitu Tol Cipali yang memudahkan wisatawan dari Jakarta dan sekitarnya. Selain alun-alun, pameran dan wisata budaya kuliner akan dijajakan di gedung negara yang juga direnovasi menjadi museum dan tempat kesenian untuk memanjakan wisatawan.

5 Tempat Wisata Menarik di Cirebon yang Bisa Dikunjungi dalam 1 Hari

“Dengan adanya Cipali ini kan hotelnya meningkat, menandakan orang Jakarta senang ke sini, tapi kalau enggak ada opsi-opsi, nanti orang bosan kalau cuma ke itu-itu lagi,” pria yang akrab disapa Kang Emil itu menambahkan.

Untuk memanjakan warga sekitar, kawasan alun-alun Kota Cirebon akan ditata dengan memberikan suasana nyaman, seperti kawasan Jalan Asia Afrika Kota Bandung.

Liburan ke Cirebon, Ini Lokasi Wisata dan Tempat Nginep yang Hits

“Iya, nanti ada tiang klasik lampu raksasa, trotoarnya dilebarin, ada kursi buat nongkrong walaupun secara iklim beda yah, saya duga di Cirebon mah nongkrongnya Ba’da Ashar pada saat hareudang (gerahnya) sudah lewat,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan merevitalisasi alun-alun Kasepuhan Kejaksan Kota Cirebon dengan biaya pengerjaan Rp20 miliar. Rencananya, Ridwan Kamil akan mengubah kawasan alun-alun tersebut seperti kawasan jalan Asia Afrika Kota Bandung.

Menurutnya, penambahan item di taman tersebut, di antaranya lahan parkir bawah tanah karena untuk mengurai kepadatan kendaraan pengunjung yang bertepatan dengan dekatnya Masjid Agung Kota Cirebon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya